Zacky: Kader Harus Milik Tiga Kecerdasan

Eko/BE
Presidium Mejalis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Bengkulu, Zacky Antoni SH. MH, saat meberikan materi pelatihan jurnalistik pada kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar dengan tema dengan tema “Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Melalui Kaderisasi HMI Mewujudkan insan Jurnalis Masa Depan

BENGKULU, BE  – Presidium Mejalis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Bengkulu, Zacky Antoni SH. MH, menekankan kepada Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tidak hanya mengutamakan kecerdasan intelektual.  Namun, juga  harus meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

Hal ini disampaikan Zacky, yang juga selaku Ahli Pers Dewan Pers saat membuka kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar dengan tema dengan tema “Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Melalui Kaderisasi HMI Mewujudkan insan Jurnalis Masa Depan,”  Pada kegiatan  diselenggarakan oleh Biro Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Forum Wartawan KAHMI, MW KAHMI Provinsi Bengkulu, di Balai Pelatihan Koperasi Kota Bengkulu, pada (2/7), pukul 10.00 WIB.

Dalam sambutanya Zacky menyarankan kepada mahasiswa harus memanfaatkan organisasi, untuk mendapatkan ilmu yang tidak didapat di bangku kuliah. Karena, menurut Zacky, di bangku kuliah hanya mendapatkan kecerdasan intelektual. Sedangkanm untuk kecerdasan emosional akan didapatkan di organisasi namun tidak kalah penting meningkatkan meningkatkan spiritual.

“Saat ini persaingan globalisasi yang dituntut adalah kemampuan bukan hanya nilai yang tercantum di lembar ijazah atau IPK, (Indeks Prestasi Kumulatif),” sampai Zacky.

Ia menambahkan, kepada peserta untuk memanfaatkan kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi. Seperti halnya kegiatan pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Biro Komunikasi dan Informatika MW KAHMI Provinsi Bengkulu. Disadari oleh Ahli pers ini, tidak banyak lembaga pres yang melakukan kegiatan pelatihan jurnalistik.

“Diharapkan pesta mengikuti kegiatan ini untuk meningkatkan ilmu menulis. Sehingga bisa memanfaatkan potensi diri. Karena setiap manusia memilik potensi dalam dirinya, maka pelatihan ini juga merupakan salah satu meningkatkan potensi diri, ” ujarnya.

Masih dikatakan Zacky, kegiatan ini bertujuan memberdayakan SDM untuk meningkatkan menulis. Tidak luput Zacky mengucapkan kepada Biro Informasi Informasikan dan Forum Komunikasi Wartawan KAHMI Bengkulu, telah terselenggaranya kegirangan tersebut.

“Kegiatan ini bentuk kontribusi KAHMI untuk memberdayakan SDM untuk meningkatkan ilmu menulis.” kata Zacky.

Kepala Biro Komunikasi dan Informatika MW KAHMI Provinsi Bengkulu, Eko Putra Membara, S. Kom, menyampaikan kegiatan pelatihan diselenggarakan selama satu hari. Selain peserta mendapatkan ilmu jurnalistik, peserta juga mendapatkan sertifikat yang ditandatangan oleh Ahli Pers Dewan Pers dan Koordinator Presidium MW KAHMI Provinsi Bengkulu.

“Sertifikat nanti kita berikan setelah kita menilai keaktifan kader. Artinya, tidak langsung dapat. Nanti setelah 1 atau 2 bulan, kader aktif mengaplikasi ilmu jurnalistiknya baru kita berikan. Namun jika kader setelah mendapatkan pelatihan tidak aktif, maka sertifikat tidak diberikan. Karena sertifikat ini ditandatangani ahli pers dari Dewan Pers. Jadi tidak mudah kita berikan sertifikatnya,” tegas Eko.

Eko menjelaskan, selama pelatihan peserta mendapatkan tiga materi yang disampaikan oleh pemateri yang berkompeten. Diantaranya, Ahli pers dari Dewan Pers Zacky Antoni menyampaikan materi teknik penulisan. Kemudian Pemimpin Redaksi Harian Rakyat Bengkulu,l Riky Dwi Putra, S. IP pemateri teknik wawancara. Kemudian Kontributor Metro TV Bengkulu Safran Ansori dengan materi teknik peliputan. Pelatih tersebut diikuti oleh 16 peserta dari 8 komisariat dilingkungan HMI Cabang Bengkulu.

“Semua pemateri merupakan alumni HMI,” tutupnya. (**)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*