Waspada Cacar Monyet Masuk Bengkulu

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi BengkuluH. Herwan Antoni,M.Kes

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Mengantisipasi masuknya penyakit cacar monyet, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan edaran ke Dinas Kesehatan Provinsi untuk disampaikan ke Dinas Kesehatan di tingkat kabupatan kota.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni disela – sela acara OPD di Pantai Panjang.

“Untuk mengantisipasi masuknya dan penyebaran virus cacar monyet Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran ke dinkes provinsi untuk disampaikan juga ke dinkes kabupaten kota,” ungkap Herwan Antoni, Kamis (2/6).

Herwan juga mengatakan saat ini upaya pencegahan sama dengan yang dilakukan terhadap penyakit menular lainnya dengan melakukan deteksi dini di pintu – pintu masuk serta dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat.

“Pencegahannya dengan melakukan deteksi dini di pintu-pintu masuk, sosialisasi ke masyarakat,” tambahnya.

Kemudian Herwan menyampaikan penyebaran penyakit cacar monyet dapat melalui kontak tubuh dan dengan orang terinfeksi, memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri khususnya negara yang menjadi endiemik penyakit tersebut.

“Penyebarannya melalui kontak orang terinfeksi yang punya riwayat melakukan perjalanan apalagi dari negara yang endemik yang berisiko sehingga dapat menularkan dengan yang lain lewat kontak tubuh dan udara,” sambungnya.

Dengan adanya berbagai potensi tersebut herwan juga menghimbau kepada masyarakat apabila ada demam, panas atau terkena cacar agar dapat melaporkan kepada petugas kesehatan sehingga dapat dideteksi sedini mungkin.

“Apabila ada yang demam panas atau terkena cacar agar dapat segera melapor ke petugas kesehatan sehingga bisa kita deteksi segera,” tutupnya.(CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*