Walikota Beri Fasilitas Warga Binaan LP

Media Center Pemkot Bengkulu/ Walikota Helmi Hasan saat memberikan fasilitas ambulan dan kulkas bagi warga binaan LP kelas II A Bentiring, Senin (29/11).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Walikota Bengkulu Helmi Hasan menyerahkan 1 unit mobil ambulans serta 2 unit show case atau kulkas, Senin (29/11) ke Lapas kelas IIA Bentiring untuk warga binaan yang sedang menjalani masa tahanan.

Walikota mengaku perhatian tersebut diberikan mengingat warga binaan juga merupakan warga kota Bengkulu yang harus di bahagiakan melalui sentuhan pemerintah sesuai visi misi religius dan bahagia.

Penyerahan fasilitas tersebut digelar di Lapas kelas IIA dihadiri Kakanwil Kemenkumham Bengkulu Imam Jauhari, Kepala Lapas II A Bentiring Ade Kusmanto, serta beberapa pejabat di Kota Bengkulu. Ada sebanyak 757 orang warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas) kelas IIA Bentiring, yang memang seharusnya memiliki hak sama untuk dilayani oleh pemerintah.

“Ketika lapas membutuhkan apapun maka itu menjadi skala prioritas pemerintah Kota Bengkulu untuk ambil bagian. Komitmen kita siapa pun yang ada di Kota Bengkulu harus bahagia, termasuk warga binaan,” ungkap Walikota Helmi Hasan.

Helmi juga berjanji, Pemkot Bengkulu akan membantu soal izin legalitas klinik di dalam lapas kelas IIA Bengkulu untuk menangani soal kesehatan warga binaan. Bahkan pemkot juga akan memganggarkan obat-obatan di klinik itu nantinya.

“Soal izin klinik kita upayakan secepat mungkin. Paling lambat 1 minggu. Soal obat-obatan itu juga penting. Nanti kadis dinkes tolong dialokasikan untuk obat-obatan. Karena percuma kalau ada klinik tapi tidak ada obat-obatannya,” kata Helmi

Kakanwil Kemenkumham Bengkulu Imam Jauhari memang sebelumnya menyampaikan bahwa per Januari 2021 jumlah warga binaan yang meninggal karena sakit 3 orang. Ini menunjukkan pentingnya pelayanan kesehatan di lapas, klinik yang berizin dan alat transportasi ambulans.

“Kita menyadari hak-hak warga binaan juga harus dipenuhi, salah satunya mendapatkan pemeriksaan dan perawatan kesehatan karena itu bagian terpenting bagi warga binaan. Saat ini jumlah penghuni lapas kelas IIA sebanyak 757 orang. Alhamdulillah hari ini walikota kembali memberikan bantuan 1 ambulan setelah sebelumnya juga sudah memberikan 1 unit ambulans ke lapas perempuan,” ujar Imam.

Dengan adanya bantuan tersebut, kata Imam akan dapat mengoptimalkan pelayanan kesehatan khususnya bagi warga binaan di lapas.

“Mudah-mudahan niat baik walikota mendapatkan rahmat dan hidayah dari tuhan. Saya juga baru tahu ternyata hari ini walikota ulang tahun mudah-mudahan dipanjangkan umurnya, dimudahkan segala urusannya. Ambulan dan lemari es ini akan kami gunakan dan kami rawat dengan sebaik baiknya,” tutup Imam. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*