Wabup Siap Dukung LPKS

Wakil Bupati Rejang Lebong saat memberikan bantuan di LPKS ABH Anak Bangsa Kamis (18/11).

CURUP, bengkuluekspress.com – Wakil Bupati Rejang Lebong, Hendra Wahyudiansyah menyatakan siap mendukung keberadaan Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) ABH Anak Bangsa. Karena menurutnya LPKS yang ada di Desa Rimbo Recap tersebut telah menunjukkan kontribusinya dalam membantu anak-anak yang berhadapan dengan hukum.

“IsyaAllah baik secara pribadi maupun pemerintah daerah, kita siap mensupor LPKS ABH Anak Bangsa ini ke depannya,” ungkap Wabup usai melaksanakan kunjungan pada Kamis (18/11).

Menurut Wabup, ia dan pemerintah Kabupaten Rejang Lebong komitmen mendukung LPKS ABH Anak Bangsa, karena dalam kunjungannya tersebut ia sempat berbicara dengan para orang tua yang anaknya tengah menjalani rehabilitasi di LPKS ABH Anak Bangsa. Para orang tua anak-anak tersebut mengaku bahwa ada perubahan yang signifikan terhadap anak-anak mereka setelah mengikuti program rehabilitas.

Hal tersebut menurut Wabup, menandakan dengan menjalani rehabilitasi di LPKS ABH Anak Bangsa tersebut, maka anak-anak yang sebelumnya tersandung masalah hukum bisa lebih terarah kembali dan mereka tidak akan mengulangi perbuatan mereka saat kembali ke keluarga.

“Kita juga menyampaikan terima kasih kepada pemilik yayasan yang mempunyai gagasan untuk membangun yayasan ini, karena bisa menyelamatkan anak-anak kita, terlebih lagi ini merupakan satu-satuna LPKS di Provinsi Bengkulu,” tambah Hendra.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga berpesan kepada para orang tua di Kabupaten Rejang Lebong untuk terus menjaga dan memantau pergaulan anak-anak di Kabupaten Rejang Lebong sehingga mereka tidak terjerumus dalam masalah hukum.

Dalam kunjungannya tersebut, Wakil Bupati Rejang Lebong bersama Dinas Sosial dan Baznas Kabupaten Rejang Lebong memberikan bantuan. Bantuan yang diberikan tersebut mulai dari kebutuhan pokok hingga sejumlah perlengkapan untuk kebutuhan di LPKS ABH Anak Bangsa.

Sementara itu, Direktur Yayasan Berkah Mandiri Rejang Lebong yang menaungi LPKS ABH Anak Bangsa, Leri Abzi SSos menyampaikan terima kasihnya kepada Wakil Bupati Rejang Lebong yang telah berkunjung dan memberikan bantuan ke yayasan yang ia dirikan tersebut.

“Kami sampaikan terima kasih kepada pak Wabup dan jajarannya yang hari ini telah memberikan dukungan kepada kami,” terang Leri.

Dijelaskan Leri, Yayasan Berkah Mandiri Rejang Lebong sendiri selain menaungi LPKS ABH Anak Bangsa yang fokus pada penanganan anak berhadapan dengan hukum juga menaungi Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU). Dimana untuk LPKS ABH Anak Bangsa menangani langsung dengan melakukan rehabilitasi di sekretariat mereka. Sedangkan untuk LKS-LU melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap Lansia yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Anak-anak yang menjalani rehabilitasi disini adalah anak-anak yang tersangkut masalah pidana umum, sedangkan untuk narkoba di yayasan Karunia Insani,” papar Leri.

Diungkapkan Leri, dari sejak berdiri pada awal tahun 2021 ini sudah melakukan rehabilitasi terhadap sembilan orang anak. Dari sembilan orang tersebut empat orang sudah dipulangkan ke orang tua mereka. Kemudian satu orang menjalani rehabilisasi dirumah karena sudah menunjukkan perubahan yang signifikan sehingga tidak perlu menjalani rehabilitasi di sekretariat LPKS ABH Anak Bangsa sedangkan sisanya masih dalam proses rehabilitasi.(251)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*