Wabup Serahkan 121 Ekor Sapi

Budi/BE
Penyerahan bantuan sapi dari pemprov ke pemda Mukomuko. Selanjutnya diserahkan ke kelompok tani penerima

MUKOMUKO, BE – Sebanyak 121 ekor sapi yang diperuntukan sepuluh kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Kamis (14/10) di Desa Rawa Mulya Kcematan XIV Koto, diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Mukomuko, Wasri didampingi Staf Ahli Setdakab Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Yandaryat P dan pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu yang diwakili Kabid Pra Sarana Peternakan, Firman.
Wabup Mukomuko, Wasri menyampaikan kepada kelompok penerima bantuan, agar merawat sapi bantuan ini dengan baik. Ia berharap, dengan adanya bantuan ternak sapi, bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga.
“Kelompok tani yang menerima bantuan ini untuk mengindahkan perjanjian menggulirkan ternak dari anak pertama sapi bantuan ini. Itu penting, sapi hasil perguliran akan kembali disalurkan kepada anggota kelompok atau kelompok lain yang belum menerima,” katanya.
Ia juga berpesan sapi jangan dilepasliarkan. Pelihara dengan baik. Supaya sapinya sehat dan cepat berkembang.
“Pemda Mukomuko mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Bengkulu melalui Dinas Peternakan dan Keswan yang telah mengucurkan bantuan ternak sapi ke kelompok di Kabupaten Mukomuko,” ucapnya.
Kabid PSP Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Bengkulu, Ir Firman menyampaikan, Kabupaten Mukomuko merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi besar untuk pengembangan ternak sapi. Melalui bantuan yang diberikan ini, mampu mendongkrak populasi sapi di Kabupaten Mukomuko.
Termasuk juga ada perbaikan genetik keturunan sapi dengan metode pengembangbiakan yang benar. “Inilah salah satu bentuk sinergitas kabupaten dan provinsi. Kedepan, kami siap terus bersinergi dengan Pemkab Mukomuko,”ungkapnya.
Adapun kelompok yang menerima bantuan pengembangan ternak sapi bali yakni Poktan Bolo Mulyo Desa Rawa Mulya Kecamatan XIV Koto, Poktan Mina Jaya Tirta Makmur, Kecamatan Air Manjuto Poktan Sari Patenang Pauh Terenja Kecamatan XIV Koto dan Poktan Sumber Jaya alamat Pasar Bantal, Kecamatan Teramang Jaya.
Selanjutnya, KWT Tanjung Mulya Desa Tanjung Mulya Kecamatan XIV Koto, Poktan Ikhlas Tani Retak Mudik Kecamatan Sungai Rumbai, Poktan Pemberdayaan Desa Wisma Desa Rawa Bangun Kecamatan XIV Koto, Poktan Tunai Baru Desa Sari Bulan Kecamatan Air Dikit, Poktan Maju Bersama Kelurahan Pasar Mukomuko Kecamatan Kota Mukomuko, Poktan Pondok Beringin Desa Dusun Baru Pelokan Kecamatan XIV Koto dan Poktan Mandiri Desa Pasar Sebelah Kecamatan Kota Mukomuko.
Masing-masing kelompok menerima 11 ekor sapi Bali dengan rincian masing-masing 10 ekor betina dan 1 ekor sapi jantan. Sehingga total bantuan yang disalurkan sebanyak 121 ekor. (900)

 







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*