Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Sudah 50 %

Iman/ BE – Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs Sehmi MPd

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di kota Bengkulu sudah berjalan mulai awal Januari lalu. Kurun waktu yang tergolong cukup singkat ini, cakupan dosis pertama sudah mencapai sekitar 50%.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Drs Sehmi MPd mengatakan persentase capaian vaksinasi setiap harinya terus berjalan. Dengan dibantu tim baik dari Dinas Kesehatan, TNI/Polri, Binda dan pihak lain yang gencar melakukan vaksinasi dengan sistem jemput bola.

” Hingga selasa sore, data anak yang sudah divaksin sudah diangka 15 ribu. Seperti diketahui, data sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun se-kota Bengkulu sebanyak 38 ribu orang, terdiri 34 ribu dari pelajar dibawah jajaran Disdik dan 4 ribu lagi siswa/siswi madrasah baik negeri maupun swasta se-kota Bengkulu,” kata Sehmi, Kamis (27/01).

Sehmi mengaku optimis target vaksinasi bisa tercapai 100%. Terlebih, berdasarkan laporan sejumlah sekolah, sebagian siswa/siswinya telah mengikuti vaksinasi secara mandiri di puskesmas atau sentra vaksinasi.

Meski dalam pelaksanaanya masih ada wali murid atau orang tua yang menolak anaknya divaksin lantaran kekhawatiran akibat berita hoax. Pihaknya juga terus memberikan pencerahan pada orang tua agar memberikan persetujuan anaknya divaksin, guna mengurangi penularan dan dampak covid-19.

“Percepatan vaksinasi anak juga tak lepas dari rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara penuh. Yang direncanakan paling lambat pada bulan April 2022 mendatang. Pasalnya selama kurang lebih dua tahun terdampak pandemi covid-19, proses pembelajaran banyak tertinggal,” tutupnya. (Imn)