Vaksin, Dapat Sembako dan Makan Gratis

Polda Bengkulu dan jajaran terus menggenjot capaian vaksin masyarakat hingga bisa mencapai target 70 persen diakhir tahun ini. Langkahnya dengan memberikan bingkinsan sembako hingga menyediakan makanan lezat yang bisa disantap gratis berupa mie Jawa, yang menggugah selera, agar masyarakat semakin bersemangat mau divaksin.

Zalmi Herawati dan Rizky Surya
Kota Bengkulu

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno SSos MH mengatakan, “Beberapa Kabupaten capaian vaksin masih rendah, seperti Kabupaten Lebong, Kabupaten Kaur, Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Seluma. Polda Bengkulu berharap masyarakat dengan kesadaran diri sendiri segera mendatangi gerai vaksin yang ada di Polres jajaran atau Puskesmas.
“Jika dilihat capaian vaksin saat ini ada beberapa Kabupaten yang masih rendah. Artinya masih banyak masyarakat belum vaksin.Ayo, masyarakat yang belum vaksin segera datangi faskes yang ada di Polres jajaran atau Puskesmas,” jelas Kabid Humas.
Untuk itu, Polda Bengkulu dan jajaran melakukan sejumlah inovasi untuk menarik minat masyarakat agar melakukan vaksin. Dengan membagikan sembako pada warga yang mengikuti vaksin. Selain itu juga, dengan mendirikan dapur lapangan menyajikan menu makanan enak menjadi daya tarik tersendiri. Seperti yang dilakukan Satuan Brimob Polda Bengkulu, mendirikan dapur lapangan menyajikan mie Jawa saat gelaran serbuan vaksin di Gedung Balai Buntar hari Sabtu (11/12). Dapur lapangan tersebut menjadi daya tarik tersendiri, banyak masyarakat mengantre untuk mencicipi menu masakan mie Jawa lengkap dengan lauk dan sayuran. Tidak heran jika dapur lapangan sanggup menyajikan 765 porsi mie Jawa.
“Salah satu inovasi Brimob Polda Bengkulu mendirikan dapur lapangan kemudian memasak menu mie Jawa. Alhamdulilah antusias masyarakat tinggi, berhasil melayani 765 porsi gratis untuk masyarakat,” ujar Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno SSos MH, Senin (13/12).
Lebih lanjut Kabid Humas mengatakan, serbuan vaksinasi di Gedung Balai Buntar beberapa waktu lalu diinisiasi oleh Satgas Saber Pungli Provinsi Bengkulu. Sekaligus mendistribusikan sembako untuk masyarakat. Sembako memang cukup ampuh dijadikan untuk menarik masyarakat melakukan vaksin. Total ada 4.387 paket sembako dibagikan kepada masyarakat. Tentu saja mereka menerima setelah mendapatkan suntikan vaksin.
“Sebenarnya tujuannya bukan hanya itu, sembako dibagikan untuk membantu, meringankan perekonomian masyarakat. Karena belum semua perekonomian masyarakat pulih,” imbuh Kabid Humas.
Jika masyarakat berbondong mendatangi gerai vaksin atau puskesmas target 70 persen capaian vaksin Provinsi Bengkulu sampai akhir tahun besar kemungkinan tercapai. Jika target capaian vaksin tercapai pada akhirnya yang mendapatkan dampak positif masyarakat, terhindar dari penyebaran virus covid-19. Untuk masyarakat yang sudah menerima vaksin, baik itu dosis pertama atau dosis kedua jangan abai dengan protokol kesehatan, patuhi prokes saat dimanapun berada.
Polda Bengkulu dan Polres jajaran akan terus melakukan serbuan vaksin, selain melalui faskes disetiap jajaran.
“Jangan lupa menggunakan masker saat beraktifitas diluar,” imbuh Kabid Humas.
Polda Bengkulu menerima vaksin Sinovac, Astrazeneca, Prifzer dan Moderna yang didistribusikan ke masyarakat dan tenaga kesehatan.
Dari Januari sampai awal Desember 2021, tenaga kesehatan Polda Bengkulu dan Polres jajaran sudah mendistribusikan 196.625 dosis pertama dan kedua vaksin sinovac. Kemudian, 33.423 dosis pertama dan kedua vaksin Astrazeneca. 9.436 dosis pertama, kedua dan ketiga vaksin Pfrizer dan 1.986 dosis pertama, kedua dan tiga vaksin Moderna. Jika ditotalkan, dosis pertama sebanyak 148.168 dosis, dosis kedua 92.881 dosis dan dosis ketiga 423 dosis.
Kepolisian Daerah Bengkulu dan jajaran telah mendistribusikan 241.472 dosis vaksin covid-19 kepada masyarakat Provinsi Bengkulu. Data tersebut merupakan capaian vaksinasi Biddokes Polda Bengkulu dan Polres jajaran dari Januari sampai awal Desember 2021.(Riz)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*