Usulkan 3 Unit Mobil PBK

pbk

TAIS, BE- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma dalam RAPBD tahun 2015, kembali mengusulkan pembelian tiga unit mobil penanggulangan bahaya kebakaran (PBK). Selain itu satu unit mobil tangki air, yang akan digunakan untuk kebutuhan penanggulangan dan pengamanan, setiap bahaya kebakaran yang terjadi di Kabupaten Seluma. Pasalnya, saat ini hanya tersedia satu unit mobil PBK yang dinilai kurang maksimal. “Usulan tiga unit mobil PBK itu untuk memberikan pelayanan lebih maksimal,” kata Kepala BPBD Seluma, Drs H Azwardi
Apabila usulan itu disetujui, mobil PBK akan ditempatkan di Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Talo, serta Kecamatan SA dan SAM. Apabila terjadi musibah kebakaran sewaktu-waktu di daerah itu, bisa langsung ditanggulangi. “Sedangkan mobil tangki air itu, agar mobil PBK tidak perlu bolak balik mengisi air saat melakukan pemadaman,” paparnya.
Anggaran yang diusulkan untuk pembelian mobil itu mencapai Rp 5,5 milliar. BPBD berharap usulan itu disetujui oleh DPRD. Sementara untuk operatornya, saat ini sudah ada sebanyak 40 orang petugas yang bertugas. Mereka ditugaskan secara bergantian dengan sistem piket. “Petugas sendiri telah beberapa kali dilakukan pelatihan untuk memadamkan api,” ujarnya. (333)