Usul Bantuan Alat Tangkap Nelayan

Plt Kepala Dinas Perikanan Kaur Lianto SP

BINTUHAN,BE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Perikanan Kaur berupaya memberikan dampak postif kepada nelayan dan juga kelompok kelompok pengelola perikanan di Kabupaten Kaur. Seperti tahun ini Dinas Perikanan Kaur kembali mengusulkan ke kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) bantuan alat tangkap bagi nelayan di Kabupaten Kaur.

“Tahun ini banyak usulan yang kita ajukan. Mulai dari alat tangkap berupa jaring rewai, perahu dan mesin tempel dan lainnya ke Kementerian,” ujar Plt Kepala Dinas Perikanan Kaur Lianto SP beberapa hari lalu.

Dikatakan Lianto, bantuan ini memang setiap tahun sering diajukan Dinas Perikanan. Hal ini mengingat di Kaur, nelayan masih sangat membutuhkan bantuan alat tangkap. Dia mengakui untuk usulan kapal berkapasitas besar memang belum ada yang diusulkan ke KKP. Hal ini mengingat mayoritas nelayan Kaur menggunakan perahu fiber glass dan untuk menangkap ikan. Selain mengusulkan alat tangkap pihaknya juga sempat mengusulkan frezeer untuk mengawetkan ikan.

“Belum lama ini ada tiga unit frezeer yang kita berikan kepada nelayan, itu bantuan dari KKP,” ujarnya.

Ditambahkannya, chest freezer untuk pengembangan usaha nelayan. Chest freezer adalah salah satu alat penunjang yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil tangkapan nelayan guna menjaga kwalitas hasil tangkapan. Pasalnya saat ini banyak hasil tangkapan nelayan yang kualitasnya menurun lantaran belum banyaknya peralatan penyimpanan ditambah dengan tidak adanya es balok di Kabupaten Kaur.

‚ÄúTahun ini kembali kita usulkan lagi, mudah mudahan nanti akan ada lagi dari KKP termasuk juga bantuan bantuan lainnya,” harapnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*