Upayakan Mesin Pencacah Pakan

SAMBANGI: Pihak bidang peternakan dinas pertanian BS saat menyambangi peternak di Seginim baru-baru ini.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dinas Pertanian Bengkulu Selatan (BS) melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan berbagai upaya untuk mengatasi keluhan para peternak di BS. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mendatangi peternak menggelar pelaksanaan sekolah lapangan untuk para peternak. Dalam kegiatan tersebut mendengarkan keluhan dan mencarikan solusi atas keluhan tersebut.

“Para peternak mengeluhkan pakan ternak, untuk itu kami mengupayakan mendapatkan bantuan mesin pencacah pakan,” kata Kepala Dinas Pertanian BS, Ir Silusteru MM melalui Kabid Peternakan, Okta Feriyenni SPi.

Dikatakan Okta, sekolah lapangan yang sudah dilakukan sudah menyasar di beberapa desa di BS. Semua peternak pada umumnya menyampaikan keluhan kesulitan akan pakan. Hal itu menyebabkan peternak sering melepaskan ternaknya. Agar ternak dapat selalu dikandangkan perlunya mendapatkan pakan dengan mudah. Untuk itu solusi yang akan dicari yakni pengadaan mesin pencacah pakan.

“Untuk mesin ini kami akan upayakan nanti setidaknya bagi peternak yang tergabung dalam penerima program satu keluarga satu sapi (sakti),” ujarnya.

Sebab, sambung Okta untuk membeli mesin tersebut, para peternak kesulitan, mereka tidak memiliki dana yang cukup. Oleh karena itu, pihaknya akan mengupayakanya agar mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat ataupun Provinsi. Terlebih lagi bahan pakan di BS sangat banyak seperti batang jagung, batan pisang, atau pun pelepah sawit dan lainnya. Sehingga, dengan adanya mesin tersebut, dirinya optimis ke depan semua ternak di BS bisa dikandangkan.

“Ini salah satu upaya agar ternak selalu dikandangkan, semoga nanti bantuan mesin pencacah pakan ternak bisa teralisasi,” harap Okta. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*