Transformasi Digital Integrasi Bansos


APRIZA0L/
Kepala Dinsos BU Suwanto MAP

ARGA MAKMUR, BE – Menjadi salah satu dari 7 wilayah di 7 Provinsi se Indonesia terpilih sebagai pilot project transformasi digital integrasi Bantuan Sosial (Bansos). Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melalui Dinas Sosial, saat ini tengah mempersiapkan diri terkait pilot project tersebut.
Hal ini pun diakui oleh Kepala Dinsos BU Suwanto MAP saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (14/10).
Dimana di Kabupaten BU sendiri terdapat 4 desa di 2 kecamatan yang menjadi contoh uji coba penyaluran Bansosnya yang diarahkan dalam bentuk digitalisasi ini. Keempat desa tersebut, yakni Desa Giri Kencana dan Desa Urai Kecamatan Ketahun, serta Desa Air Petai dan Desa Air Muring Kecamatan Putri Hijau.
“Ya, untuk hal tersebut saat ini kita tengah mempersiapkan diri, karena dalam waktu dekat di bulan pihak Kementerian akan langsung meninjau langsung 4 desa sebagai contoh dalam porject pilot ini,”kata Suwanto.
Ditambahkannya, bahwa hingga saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti terkait dengan pilot project ini, bagaimana sistem dan mekanismenya. Yang jelas pilot project ini penyaluran Bansos diarahkan dalam bentuk digitalisasi yang selama ini penyaluran Bansos dilakukan secara konvensional.
“Untuk sistem dan mekanismenya belum secara pasti kita ketahui, yang jelas pilot project ini untuk merubah penyaluran Bansos secara konvensional menjadi digitalisasi,”ungkapnya.
Lebih lanjut, Suwanto menuturkan, empat desa yang menjadi sebagai contoh penyaluran bansos secara digitalisasi ini, terdapat 584 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditahap awal ini akan mendapatkan uji coba tranformasi digital integrasi Bansos ini diantaranya bantuan PKH dalam bentuk tunai dengan besaran sesuai penyaluran.
Kemudian voucher elektronik Bansos sembako Rp 200 ribu. Lalu, Vaucher elektronik bantuan subsidi LPG Rp 60 ribu per KPM per penyaluran. Selanjutnya vaucher elektronik bantuan subsidi listrik Rp 50 ribu per KPM.
“Ke 584 KPM yang berada di empat desa ini akan uji coba tranformasi digital integrasi Bansos ini. Namun sebelum itu, KPM harus didata terlebih dahulu, salah satunya KPM harus memiliki HP Android,”pungkasnya.(127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*