TPI Direhab Tahun Depan

RUSAK: Kondisi TPI pantai Pasar Bawah saat ini rusak berat, direncanakan tahun 2022 akan direhab.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Harapan para nelayan di kawasan obyek wisata pantai Pasar Bawah, agar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) direhabilitasi sepertinya bakal terwujud. Pasalnya Kepala Dinas Perikanan Bengkulu Selatan (BS), Novianto SSos MSi menjanjikan akan segera merehab TPI tersebut.

“Insya Allah 2022, TPI di Pantai Pasar Bawah kita rehab,” katanya.

Dikatakan Novianto, untuk rehab TPI tersebut, pihaknya sudah mengusulkannya ke DPRD BS. Bahkan DPRD BS menyetujuinya. Adapun anggaran untuk rehab tersebut sebesar Rp 800 juta. Sehingga, jika tidak ada kendala, maka rehab tersebut dapat terwujud.

“Selama ini terkendala karena covid-19, jika tidak ada kendala bearti, maka rehab bisa terwujud,” ujarnya.

Dijelaskan Novianto, kondisi TPI saat ini sangat memprihatinkan. Sebab atap dan plafonnya sudah rusak. Sehingga dikhawatirkan dapat lepas dan menimpa nelayan yang sedang ada di TPI tersebut. Untuk itu, dirinya mengaku agar tahun 2022 rencana rehab bisa diwujudkan.

“Kita berdoa saja agar tidak terjadi pemotongan anggaran lagi karena covid atau karena faktor lain, agar rehab TPI tidak gagal lagi,” harap Novianto.

Yayan, salah satu nelayan pantai pasar bawah menuturkan, TPI Pasar Bawah merupakan tempat pelelangan ikan terbesar di BS. Nelayan BS khususnya di Pasar Bawah, menggantungkan hidupnya melalui penjualan ikan di TPI tersebut. Namun untuk saat ini kondisi TPI sudah rusak berat, mulai atap bocor, plafon lepas hingga tiang penyangga yang mulai rusak. Dirinya berharap apa yang disampaikan kepala dinas perikanan BS tersebut benar-benar bisa terwujud.

“Semoga terwujud, sebab kami nelayan sangat berharap TPI bisa segera direhab,” ujar Yayan. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*