TPG 98 Guru PAI Cair

large-uang-baru
foto : IST

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kabar gembia bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Pasalnya tahun ini mereka akan dapat rezeki berlimpah. Sebab mereka juga akan mendapat hadiah lebaran.

“Sebagai tambahan hadiah lebaran bagi guru PAI kami akan mencairkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) hinga April,” kata kepala Kemenag Bengkulu Selatan, H Asran Suryani Ibrahim MHI.

Arsan mengatakan, pada tahun ini, guru agama dibawah naungan Kementerian Agama selain akan menerima gaji ke 13 dan THR juga akan menerima tambahan hadiah lebaran berupa pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG). Guru penerima TPG ini sebanyak 93 orang yang marupakan guru PNS dan 5 orang guru PAI non PNS. Sehingga total guru PAI menerima TPG sebanyak 98 guru. Ke-98 guru PAI ini merupakan guru Agama Islam untuk semua tingkatan mulai dari SD hingga SMA dan SMK. “Pemberkasan dilaksanakan 1-7 Mei lalu, pencairannya diperkirakan sebelum libur Idul Fitri dan akan masuk ke rekening masing-masing guru,” terang Arsan.

Ditambahkan kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kemenag Bengkulu Selatan, H Muheimin MPd, pembayaran TPG PAI hingga April akan menelan dana lebih kurang 700 juta. Saat ini dana tersebut siap disalurkan. Tujuan adanya TPG ini sambung Muhaimin diharapkan dapat menambah semangat kerja Guru PAI dalam menjalankan tugas. Sehingga semua guru PAI di Bengkulu Selatan dalam ikut mensukseskan program “Tuntas Buta Aksara Alquran” bagi semua tingkatan.

“Guru PAI adalah ujung tombak di Sekolah untuk mensukseskan program tuntas buta aksara Alqur’an, sehingga berperan aktif dalam mendidik siswa-siswi di sekolah,” terang Muhaimin.

Jika Kemenag akan menyalurkan gaji ke-13 dan TPG bagi semua guru, pemda Bengkulu Selatan juga akan menyalurkan gaji ke-13 dan gaji ke-14 atau biasa disebut THR untuk para PNS di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan. Adapun besaran dana untuk gaji ke-13 dan ke-14 ini mencapai hingga Rp 40 Miliar. Penyaluran gaji ke-13 diperkirakan awal Juli mendatang. Sedangkan THR sebelum idul Fitri.

“Pemda Bengkulu Selatan sudah menyediakan dana sebesar Rp 40 M untuk THR dan gaji ke-13. THR akan disalurkan sebelum idul fitri, sedangkan gaji ke-13 pada awal Juli nanti,” ujar Kepala Badan Pengelolaan keuangan dan Aset daerah (BPKD) Bengkulu Selatan, H Sepuan Yunir S Sos MSi melalui sekretarisnya, Decky Zulkarnaen S Sos.(369)