TOL Seksi 2 & 3 Perlu Investasi Lebih Besar

Foto Hendrik / BE – Direktur Utama PT. HKI, Aji Prasetyanti saat memaparkan progres pembangunan ruas TOL Bengkulu – Lubuk Linggau, Kamis (18/11).

TOL Sesi I Bengkulu – Taba Penanjung Capai 82,99 Persen

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pembangunan jalan TOL (Tax On Location) seksi II dan III pada ruas Bengkulu-Lubuk Linggau Sumatera Selatan memerlukan nilai investasi yang jauh lebih besar ketimbang seksi I.

Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT. Hutama Karya (Persero) Agung Fajarwanto, Kamis (18/11).

“Untuk kedua sesi ini nilai investasinya lebih besar ketimbang sesi I Bengkulu-Taba Penanjung,” kata Fajar.

Ia menjelaskan, hal itu lantaran pada sesi II walaupun ruasnya tidak sepanjang sesi I, tetapi nilai investasinya besar karena bakal dibangun terowongan.

Menurutnya, terkait kapan pengerjaan sesi II dan III, sejauh ini pihaknya juga belum bisa memastikan. Termasuk siapa nanti rekanan yang bakal mengerjakan.

“Kalau sesi I sama-sama kita ketahui dilakukan PT. Hutama Karya Infrastruktur (HKI). Yang jelas pandemi Covid-19 turut memberikan dampak terhadap pembangunan infrastruktur,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, untuk sesi I setelah selesai nantinya bisa langsung digunakan masyarakat. Biasanya usai diresmikan sekitar sebulandua, digratiskan bagi masyarakat.

Sementara itu, Direktur Utama PT. HKI, Aji Prasetyanti mengatakan, hingga saat ini untuk pembangunan jalan TOL sesi I ruas Bengkulu-Taba Penanjung progres pembebasan lahan sudah mencapai 99,2 persen. Sedangkan, progres pengerjaan 82,99 persen yang panjangnya mencapai 17,6 KM.

“Dalam pembangunan jalan TOL Bengkulu-Lubuk Linggau ini sifatnya penugasan yang termasuk dalam jalan TOL Trans Sumatera,” ungkapnya.

Ia menambahkan, banyak manfaat dari jalan TOL ini, pertama tentunya membuka keterisoliran sebuah daerah. Sehingga nantinya bisa memberikan dampak positif, sepeti dari sisi perekonomian. (HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*