Tingkatkan Kualitas Literasi, Perpustakaan Siapkan Program Pocadi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu, Mukhlis

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pada tahun 2022 ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu akan banyak mengeluarkan program untuk meningkatkan kualitas literasi di Kota Bengkulu. Adapun program yang akan dibuat oleh Dinas Perpustakaan menyesuaikan dengan minat masyarakat trend anak muda masa kini.

“Rencana tahun 2021 yang lalu kita sudah mengajukan proposal ke Perpusnas Jakarta, satu yang kami ajukan itu Pocadi (Pojok Baca Digital). Apabila program ini disetujui maka kami akan menempatkan lokasinya di Berendo Masjid At Taqwa, karena di sana ramai pengunjung. Pilihan selanjutnya kami letakan di Dukcapil yang juga muda diakses. Program Pocadi itu nanti juga akan didampingi oleh program Lepau Baca. Jadi nanti masyarakat bisa memilih mau mengakses Pocadi atau memilih Lepau Baca Baca,” kata Mukhlis, Kamis (21/04)

FOTO CICI/BE – Salah satu ruang baca di Perpustakaan Daerah

Selain itu itu, kata Mukhlis, Dinas Perpustakaan juga sudah ada mobil Pusling, tetapi hanya memiliki satu unit. Kedepan Dinas Perpustakaan Kota terus berupaya untuk menambah jumlah mobil Pusling.

Selain itu Dinas Perpustakaan Kota Bengkulu juga melakukan kerja sama dengan berbagai komunitas.

“Kami juga berinovasi untuk menciptakan yang baru yaitu dengan membuka Cafe Library dengan tujuan untuk menumbuhkan minat orang datang ke sini dan membaca, keuntungan lainnya nanti akan kami kasih kopi gratis,” tambah Mukhlis.

FOTO CICI/BE – Perpustakaan menyediakan ruang baca khusus anak-anak

Selain itu Dinas Perpustakaan juga melakukan kerja sama dengan berbagai komunitas dan juga bekerja sama dengan Lapas. Serta sudah beberapa buku sudah diletakan di berbagai tempat seperti di BKPK dan Sekretariat DPRD. Program wajib tiap tahun  yang dilakukan yaitu lomba bertutur akan dikembangkan lebih menarik lagi.

“Saat ini baru 3 komunitas yang tergabung, yang pertama Lapak Baca Cemara Bahari Berkas, AlFadilah Sebakul dan Library For Fun Comunity Unib. Kedepan kami berharap semakin banyak komunitas yang berkerjasama dengan kami untuk bersama sama memajukan dan meningkatkan literasi di Kota Bengkulu,” ujar Mukhlis.

Pengunjung Perpustakaan Menurun

Di sisi lain, diketahui pengunjung Perpustakaan Daerah pada tahun 2021 menurun. Hal itu disebabkan pembatasan jumlah pengunjung selama Covid-19.

“Pada tahun 2019 ada 500 lebih pengunjung, pasca Covid-19 di 2020 meningkat 1.000 pengunjung dan menurun di 2021 sebanyak 600 pengunjung karena Dinas Perpustakaan membatasi jumlah kunjungan karena zona Covid-19 yang tidak teratur. Kedepan dengan banyaknya program yang telah disiapkan,” ujar Mukhlis.

Mukhlis berharap Perpustakaan yang terletak di Jalan Kuala Lempuing No 1 Kota Bengkulu ini semakin banyak pengunjung dan tingkat kualitas literasi dikota Bengkulu ini semakin maju.

“Kita berharap di kondisi yg sudah mulai normal nanti pengunjung perpustaan ini makin meningkat dengan minat baca yang tinggi. Apalagu nanti kita sudah berinofasi menuju program digital,” singkat Mukhlis. (CICI/ADV)