Tiga Kecamatan Zona Hijau

Kepala BPBD Kota Bengkulu, Eddyson

BENGKULU, BE – Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bengkulu terus mengalami penurunan, bahkan sudah ada tiga kecamatan yang sudah zona hijau. Ketiga kecamatan tersebut yakni Teluk Segara, Ratu Agungh dan Singaran Pati. Melihat hal itu, Pemerimtah Kota (Pemkot) Bengkulu optimis jika di kota akan mengalami penurunan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level dua ke level satu.

“Ya ada tiga kecamatan sudah zona hijau tanpa catatan kasus yakni Kecamatan Teluk Segara, Ratu Agung dan Singaran Pati,” jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu, Drs Eddyson, kemarin (14/10).

Ia menjelaskan, untuk enam kecamatan lainnya masih berstatus zona kuning, karena masih terdapat kasus positif.

“Untuk enam kecamatan lainnya masih berstatus kuning, karena masih ada warga yang terpapar Covid-19 meskipun hanya satu dan dua orang saja dalam satu harinya,” tuturnya.

Ia mengatakan, apa yang dicapai sekarang ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak yang rutin menggelar patroli dan razia Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, baik dari tim Satgas Covid-19 kota seperti TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dishub dan semua pihak lainnya. Serta hal ini juga didasari dari terus meningkatnya kesadaran warga untuk menjalankan pola hidup 5M yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, menjauhi kerumunan dan juga mengurangi mobilitas.

“Kita juga harapkan keadaan ini bisa dipertahankan dan masyarakat tetap perketat penerapan Prokes. Hal ini perlu difokuskan agar kasus Covid tak lagi ada, jadi masyarakat bisa beraktivitas kembali dalam meningkatkan perekonomian,” jelasnya.

Meski kasus terus menurun, namun pihak BPBD masih melakukan pengawasan terhadap kegiatan masyarakat agar tidak kecolongan yang berakibat kembali meningkatnya kasus Covid-19. Protokol kesehatan diharapkan sudah menjadi kebiasaan baru yang melekat di keseharian masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat.

“Kita juga tidak akan pernah lelah dalam memberikan imbauan agar warga Kota Bengkulu terus dan bisa taat terhadap Prokes dan bagi yang belum vaksinasi Covid-19 juga kita minta segeralah vaksin untuk meningkatkan imunitas tubuh,” tutupnya. (529)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*