Tenaga Penyuluh Prioritas CPNS 2012

JAKARTA, BE – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memprioritas enam jabatan khusus serta mendesak, yang dapat diusulkan pemerintah daerah untuk formasi CPNS 2012. Tenaga instruktur, penyuluh pertanian, penyuluh kehutanan, penyuluh perikanan, penyuluh KB, dan tenaga di bidang infrastruktur, yakni penata ruang serta teknik penyehatan lingkungan.

“Kenapa hanya enam jabatan tersebut, karena ini disesuaikan dengan kondisi di daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Untuk penyuluh KB, karena memang kurang di daerah sehingga sangat mendesak dalam upaya menekan angka kelahiran bayi,” kata Deputi SDM bidang Aparatur Kementrian PAN&RB Ramli Naibaho di Jakarta, kemarin (13/4).Dia menyebutkan, hingga akhir Februari 2012, sebanyak 43 instansi pusat dan 40 instansi daerah mengusulkan kebutuhan formasi pegawai yang bersifat khusus dan mendesak. Namun, hanya ada dua pemda yang mengajukan usulan lengkap dengan perhitungan jumlah kebutuhan pegawai berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja.“Dari dua daerah itu, jumlahnya sebanyak 4.026 orang,” tambahnya. Sedangkan instansi pusat yang dokumennya lengkap sebanyak 18 instansi, dengan usulan sebanyak 37.575 pegawai.”Untuk usulan formasi jabatan khusus dan mendesak, perlu dilakukan verifikasi oleh tim khusus. Karena itu pelaksanaan rekruitmennya perlu dilakuan kerja sama dengan konsorsium 10 perguruan tinggi negeri,” pungkasnya.

Syarat Rumit

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pengusulan formasi CPNS 2013 ternyata lebih rumit. Selain dilengkapi hasil analisa jabatan (anjab) dan analisa beban kerja (ABK), pejabat pembina kepegawaian (PPK) baik pusat maupun daerah wajib menyertakan laporan pelaksanaan redistribusi pegawai, serta proyeksi kebutuhan pegawai selama lima tahun ke depan.”Kalau ingin mengadakan seleksi CPNS tahun depan, usulannya sudah harus diajukan mulai sekarang. Apalagi waktu pengusulannya ditenggat hingga 30 Juni 2012,” tegas Ramli Naibaho.Bila usulannya disampaikan kepada Menteri PAN&RB setelah melewati waktu yang ditetapkan, lanjutnya,, akan diproses untuk diperhitungkan dalam mengisi formasi tahun anggaran berikutnya, yakni tahun 2014.”Jadi kalau lewat Juni, usulannya tidak akan diproses untuk kebutuhan 2013, tapi diundur 2014,” cetusnya. Seperti diketahui, pasca kebijakan penundaan sementara penerimaan CPNS, tercatat sebanyak 478 pemda telah menyampaikan hasil perhitungan kebutuhan pegawainya.“Namun hal itu belum dilengkapi dengan dokumen hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja, laporan distribusi, serta proyeksi kebutuhan pegawai selama lima tahun ke depan,” kata Menteri PAN&RB Azwar Abubakar, beberapa waktu lalu.

Pemprov Belum Ajukan Formasi

Di bagian lain Pemprov Bengkulu belum bisa memastikan untuk mengajukan usulan calon Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saat masih menunggu ketentuan lebih lanjut dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). “Saat ini belum ada formasi yang diajukan. Surat boleh mengajukan formas PNS belum diterima,” ucap Asisten III Setda Pemprov Mardiansyah MBA, kemarin. Ia mengatakan baru mengetahui KemenpanRB membuka kesempatan pengajuan formasi CPNS melalui media. Secara resmi, surat petunjuk dari Kemenpan RB belum diterima oleh Pemprov. Tetapi apabila sudah diperbolehkan mengajukan formasi CPNS, Pemprov akan mengajukan sesuai kebutuhan. “Artinya ada kebijakan pemerintah pusat, kalau sudah bisa mengajukan ya, daerah akan mengusulkan,” ujarnya.Hingga saat ini belum dibahas secara khusus pengajuan CPNS tahun 2012. Tetapi bila KemenpanRB sudah membuka pengajuan, Pemprov Bengkulu dan Pemeritah Kabupaten/Kota akan membahas secara khusus formasi kebutuhan PNS, ” Kita masih membutuhan tenaga yang masih kurang, seperti kedokteran, kesehatan dan pendidikan dan tenaga teknis yang mendesak. Kalau yang sifatnya umum sudah terlalu banyak,” ujarnya.Ia mengatakan apabila sudah ada arahan dari pusat, Pemprov dan Pemerintah Kabupaten/Kota akan mengkaji tenaga apa saja yang dibutuhkan masing-masing Kabupaten/Kota. “Saat ini memang belum ada Kabupaten/kota yang secara resmi mengajukan formasi CPNS.Sebelum diajukan nanti dikaji tenaga apa saja yang dibutuhkan. Pengajuan akan dilakukan serentak,” ujarnya.Tetapi yang jelas, sampai saat ini belum ada surat dari Kemenpan RB yang memperbolehkan mengajukan penerimaan PNS Tahun 2012. “Jadi saya belum bisa tahu secara pasti. Nanti saya akan koordinasi dengan BKD, apakah memang sudah ada perintahnya apa belum,” ujarnya.Menurutnya, meskipun penerimaan CPNS ada, tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan setelah dilakukan proses penyuntingan. Yakni, analisis jabatan yang mengacu pada SK lima menteri tentang pemerataan PNS. “Hasil pemutakhiran data sesuai SK lima menteri, yakni Menteri Pendidikan, Menteri Dalam Negeri, Kemen PAN, Kementerian Agama, dan Menteri Keuangan, itu masih kita tunggu,” ucapnya.(100)