Tanggul Jebol Diperbaiki Tahun Depan

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Perbaikan irigasi persawahan di Desa Pulo Geto Baru, Kecamatan Meringi, Kebupaten Kepahiang, yang saat ini mengalami kerusakan berat atau jebol akibat ditimpa material longsor sejak beberapa tahun lalu, akan dilakukan tahun depan.  Pemerintah Kabupaten Kepahiang, melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepahiang, telah berusaha untuk memperbaiki kerusakan irigasi tersebut namun sempat ditolah oleh petani setempat.

“Ya, kita pernah melakukan perbaikan irigasi persawahan petani di Desa Pulo Geto dari dana DAK pada tahun 2017, waktu mau pelaksanaannya pekerjaan irigasi tersebut kita mendapat hambatan dari petani setempat dengan mengunakan surat pernyataan bahwa tidak dibolehkan melakukan pengerjaan irigasi karena persawahanya lagi musim tanam, waktu itu irigasi tersebut belum begitu parah jebolnya,” ujar Kepala Dinas PUPR Kepahiang, Rudi Andi Sihaloho

Lanjutnya, karena ada penolakan dari petani untuk melakukan perbaikan irigasi tersebut terpaksa dana perehapan dialihkan ke lokasi lain. Terkait dengan permohonan masyarakat untuk perbaikan saluran irigasi yang mengaliri persawahan seluas 730 hektar lebih di Kecamatan Ujan Mas, putus akibat bencana longsor 2018. Saat ini irigasi tersebut hanya dilakukan perbaikan oleh masyarakat secara darurat dengan adanya keluhan masyarakat.

“Tahun 2022 kami kembali akan mengajukan anggaran di APBD mudah mudahan dapat, tinggal lagi masyarakatnya diizinkan atau tidak untuk melakukan perbaikan,” Demikian Rudi. (320)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*