Tahun Depan, Dana Desa di Seluma Turun Rp 5,8 M

TAIS, bengkuluekspress.com – Sama dengan tahun 2021 ini, pada tahun depan, alokasi anggaran untuk Dana Desa (DD) bagi 182 Desa di Kabupaten Seluma dipastikan mengalami penurunan.  Alokasi Dana Desa tahun depan yaitu Rp 135 Miliar. Mengalami penurunan mencapai Rp 5,8 miliar, dari tahun sebelumnya.  Yang mana di tahun 2021 DD berkisar Rp 141 miliar, dan di tahun 2022 anggaran alokasi dana desa menurun sekitar Rp 5 Miliar.

“Turun dari tahun sebelumnya, secara umum mengalami penurunan, ini dampak seperti kita ketahui dampak dari Covid-19, anggaran pemerintah pusat banyak terpangkas Covid,” kata Kepala BPKD Seluma Marah Halim SP MP MSi MAk kepada wartawan, kemarin.

Disampaikannya bahwa, sebelum itu dipastikan pihaknya akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terlebih dahulu untuk membahas ulang tentang dana desa bersama dinas PMD.

“Kita akan adakan pembahasan tentang perhitungan ulang dana desa, bersama dinas teknis,” sampainya.

Ditambahkannya, dengan demikian dipastikan masih ada beberapa kategori desa yang besaran anggaran dana desa nya tidak mengalami penurunan. Sekalipun mengalami penurunan namun tidak terlalu signifikan. beberapa desa yang alokasi dana desa nya yang akan berbeda. Yang dilihat dari, luas wilayah, jumlah penduduk, kondisi infrastruktur dan pendapatan masyarakat.

“Tapi ini masih menunggu penetapan SK bupati. Untuk perbedaan-nya, harus masuk di 4 kategori tadi,” tandasnya. (333)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*