Sutan Bathoegana atau Amri Cagub Sumut dari Demokrat, SBY Yang Putuskan

JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP PD) membenarkan bahwa dua nama kandidat calon gubernur Sumut dari partai berlambang mercy itu yang sudah diserahkan ke Majelis Tinggi PD adalah Sutan Bathoegana Siregar dan Amri Tambunan.
Ketua DPP PD Bidang Komunikasi dan Informasi, Ruhut Sitompul, membenarkan pernyataan Sutan bahwa dia dan Amri yang disodorkan ke Majelis Tinggi PD yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono.”Ya betul. Dua nama itu, Sutan dan Amri. Dua nama itu sudah diserahkan ke Majelis Tinggi,” ujar Ruhut Sitompul kepada JPNN kemarin (19/20).

Pria yang biasa dipanggil Poltak itu memastikan bahwa nama yang akan diusung PD untuk pilgub Sumut nantinya hanya satu dari dua nama itu, yakni Sutan atau Amri. Jadi, kata anggota Komisi III DPR dari Sumut itu, tidak mungkin tiba-tiba muncul nama lain yang ditetapkan sebagai cagub Sumut dari Demokrat.

“Pokoknya tak mungkin ada nama lain. Nanti Majelis Tinggi yang memutuskan satu nama dari dua nama itu. Pak SBY langsung,” cetusnya.

Kapan diputuskan Majelis Tinggi? Ruhut tidak berani memberi jawaban tegas. “Yang jelas sebelum pendaftaran (ke KPU Provinsi Sumut, red), sudah ada nama,” ujarnya.

Karenanya, Ruhut mengingatkan, siapa pun nama yang ditetapkan, kandidat satunya harus legowo. Pasalnya, kata Ruhut, baik Sutan maupun Amri sudah punya team dan massa pendukung masing-masing.

“Jadi, siapa pun yang ditunjuk, maka team dan pendukung kedua kandidat itu harus koalisi, harus bergabung termasuk konstituennya masing-masing,” harapnya.

Mengenai dengan partai mana PD berkoalisi, Ruhut mengatakan, juga akan diputuskan oleh Majelis Tinggi. “Majelis Tinggi juga yang akan menetapkan siapa calon wagubnya,” terangnya.

Majelis Tinggi PD dipimpin SBY (Ketua Dewan Pembina), dengan anggota Marzuki Alie (Wakil Ketua Dewan Pembina), Anas Urbaningrum (Ketua Umum), Jhonny Allen Marbun (Wakil Ketua Umum), Max Sopacua (Wakil Ketua Umum), dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Sekretaris Jenderal).

Dewan Kehormatan Demokrat dan Komisi Pengawas Demokrat juga masuk di keanggotaan Majelis Tinggi.

Sebelumnya Sutan berharap, penetapan cagub dari PD oleh Majelis Tinggi dilakukan secepatnya, tidak mepet menjelang pendaftaran pasangan calon ke KPU Sumut. “Sebenarnya lebih cepat lebih baik, karena bisa punya waktu sosialisasi lebih panjang. Namun, ini semua berdasar keputusan partai. Jadi tunggu saja,” katanya.(sam/jpnn)