Susu Pilkades Mulai Dilipat

LIPAT: Petugas DPMD Kaur saat melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara untuk Pilkades serentak, Jum’at (26/11).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kaur terus mematangkan mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan digelar 9 Desember mendatang. Jum’at (26/11) kemarin tim kelompok kerja (Pokjar) surat suara (Susu) Pilkades mulai melakukan pelipatan dan sortir susu Pilkades.

“Ya untuk hari ini kita mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang akan kita gunakan dalam Pilkades 9 Desember nanti,” kata Plt Kepala Dinas PMD Kaur, Asdiarman SSos, Jum’at (26/11).

Dikatakan Asdiarman, dimana saat tim pokjar sedang melakukan pelipatan surat suara yang ditargetkan selesai dalam beberapa hari kedepan, dan jika selesai nanti pada H-6 pelaksanaan Pilkades logistik Pilkades akan segera didistribusikan kepada pihak kecamatan. Jumlah surat suara untuk Pilkades tahun 2021 berjumlah 30.303 lembar, sesuai dengan mata pilih yang ada dan ditambah surat suara cadangan.

“Selama proses pelipatan Susu ini dijaga oleh anggota Polres, dan juga anggota siang malam menjaga susu ini. Kita target secepatnya susu ini selesai dilipat dan setelah itu kita distribusikan ke desa,” terangnya.

Ditambahkannya, jika ada surat suara yang rusak atau cacat maka akan dibuatkan berita acara untuk diganti dengan yang baru. Selanjutnya surat suara yang rusak tersebut akan dimusnahkan dengan disaksikan oleh pihak-pihak terkait. Dimana setelah dilipat dan sudah dinyatakan baik, selanjutnya surat suara ini dimasukkan dalam kotak tertutup dan tersegel untuk disimpan.

“Kriteria surat suara dinyatakan rusak apabila gambar atau warnanya tidak sama dengan yang lain, sobek dan cacat. Kita berharap selama pelipatan penyortiran ini tidak ditemukan ada surat suara yang rusak atau cacat,” terangnya.

Sebaimana kita ketahui, dalam Pilkades yang akan digelar 9 Desember 2021 diikuti oleh 192 oran calon kepala desa dari 66 desa yang menyelenggarakan dan tersebar di 11 Kecamatan Kabupaten Kaur. 66 desa menggelar Pilkades yakni di Kecamatan Kinal 4 desa, Tanjung Kemuning 7 desa, Kaur Utara 2 desa, Kaur tengah 2 desa, Kaur Selatan 9 desa, Maje 9 desa, Nasal 4 desa, Semidang Gumay 5 desa, Kelam Tengah 6 desa, Luas 3 desa, Muara Sahung 1 desa, Tetap 6 desa, Lungkang Kule 4 desa dan Padang Guci hilir 2 desa serta Padang Guci Hulu 1 desa. (618)