Sparepart Suzuki Tumbuh 10% Melalui Platform Digital

Jakarta, BE – Salah satu cara bertahan di era pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun adalah dengan memaksimalkan penggunaan platform digital dalam sales, marketing, dan aftersales di setiap industri.

Sama halnya dengan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang turut mengoptimalkan pelayanan lewat platform digital seperti Call Center Halo Suzuki (0800 1100 800), SERA (Suzuki Emergency Road Assistance), serta digitalisasi lewat aplikasi MySuzuki dan website resmi.

Di tahun 2021, kinerja bengkel dan service Suzuki mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurut Hariadi, Service Asst. to Dept. Head PT SIS, permintaan service Suzuki meningkat ketika pandemi Covid-19.

“Hal ini karena banyaknya kendaraan yang lama tidak terpakai dan hendak dipakai sehingga harus melalui screening service terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah ketika digunakan dan mesin dapat bekerja secara optimal. Selain itu, peningkatan permintaan service ini juga terjadi karena adanya kemudahan dan keamanan pelayanan melalui platform digital yang dioptimalkan Suzuki, seperti Halo Suzuki dan SERA (Suzuki Emergency Road Assistance),” katanya.

Saat ini, Suzuki memiliki 462 bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk service mobil dan sepeda motor, Suzuki telah melayani 1.041.571 unit intake yang terdiri dari 770.985 mobil di total 234 bengkel dan 270.568 sepeda motor di total 228 bengkel.

Dari total unit mobil tersebut, 39% masuk ke dalam kategori perbaikan ringan, 60% masuk ke dalam kategori perbaikan menengah, dan 2% masuk ke dalam kategori perbaikan berat.

Selain service, Suzuki juga mengoptimalkan layanan pembelian suku cadang melalui aplikasi MySuzuki.

Pemilik kendaraan Suzuki dapat melakukan transaksi pembelian suku cadang asli, seperti suku cadang mesin, transmisi, kelistrikan, suspensi, bodi, pembelian oli dan chemical Suzuki.

Tahun ini, Suzuki mencatatkan peningkatan sebesar 33% dalam penjualan spareparts mobil & sepeda motor yang didominasi oleh Suzuki Genuine Parts dan langsung atau diambil dari diler terdekat.

Saat ini, diler-diler yang melayani pengiriman suku cadang masih berada di area Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Namun Suzuki dapat melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia dengan jaminan sistem 1 harga atau tidak ada perbedaan harga suku cadang dari Sabang sampai Merauke.

Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIS menambahkan, Sepanjang tahun 2021, Suzuki mencatat transaksi melalui MySuzuki mengalami peningkatan sebesar 33%.

Di tahun 2022, Suzuki menargetkan penjualan spareparts dapat tumbuh 5–10% dibandingkan dengan tahun 2021.

“Kami menjamin keamanan pelayanan dan transaksi melalui digitalisasi seperti pada aplikasi MySuzuki yang terpercaya karena kami terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi pelanggan suzuki,” kata Christiana.(edo)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*