Sikap Tegas Bundra Dipuji

TAIS, BE – Sikap Plt Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH terhadap 14 orang camat memberikan efek positif. Semua camat yang diancam jika tak becus membantu Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) dalam memenuhi target program mensukseskan e-KTP, maka akan dicopot dari jabatannya. Dampak sikap tegas tersebut, sejak 2 hari terakhir semua camat proaktif menjemput bola ke kampung-kampung untuk meminta warga merekam data e-KTP.

Kenyataan tersebut diungkap Ketua Fraksi PNBKI DPRD Seluma, Martoni SHI. Dikatakannya, sebelum ada sikap tegas drai Plt bupati seperti tersebut, belum pernah terlihat aksi proaktif instansi terkait dalam melaksanakan program e-KTP. Sejak 2 hari belakangan, rumah-rumah penduduk Seluma di sejumlah tempat sudah didatangi petugas dari kelurahan dengan melibatkan ketua-ketua RT untuk mengajak masyarakat mengurus e-KTP.

“Ketegasan seperti ini perlu didukung. Mungkin memang untuk mensukseskan suatu program perlu sikap tegas seperti yang dilakukan Plt bupati. Kita mengapresiasi hal tersebut. Tapi, kedepan harusnya, tidak perlu lagi pakai ancaman copot jabatan baru program digeber,” kata anggota dewan asal PKS ini yang selama dikenal lebih kerap mengkritisi dari pada memuji kinerja Pemkab Seluma.
Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Seluma H Herkules Jeraim SH MH mengatakan, walau semua kecamatan sudah mulai proaktif menjalankan program e-KTP, tapi kini pihaknya tetap menuai kendala pelik. Yakni, terjadi kerusakan peratalan elektronik dan online pada perangkat perekaman data e-KTP pada hampir separuh dari kecamatan yang ada di Kabupaten Seluma.

”Beberapa kecamatan alatnya rusak. Untuk perbaikan, ini harus dilapor terlebih dahulu ke Kemendagri. Padahal, waktu yang tersisa untuk mensukseskan target 123 ribu e-KTP ini hanya sampai tanggal 31 Oktober 2012 ini,” kata Herkules Jeraim. (444)