Serapan DAK Fisik Provinsi Bengkulu Baru 15 Persen

Foto Suary/BE : Syarwan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Provinsi Bengkulu saat diwawancarai wartawan.

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Serapan dana alokasi khusus (DAK) fisik di Provinsi Bengkulu hingga tanggal 30 Juni 2022 baru mencapai 15 persen.

Kepala Kantor Wilayah Bengkulu Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Syarwan menyampaikan, serapan tersebut masih sangat rendah dari pagu anggaran sebesar Rp 932 M dan dilakukan dalam rencana kegiatan dengan nilai Rp 907 M.

Dari nilai Rp 907 M tersebut yang sudah dilakukan tanda tangan kontrak sebesar Rp 553 M atau 61 persen, sedangkan yang sudah tersalurkan baru Rp 144 M atau 15 persen untuk Provinsi Bengkulu serta kabupaten kota. Sehingga menurutnya terdapat potensi tidak terserap sebesar 39 persen.

“Penyerapan masih sangat kecil baru 15% dari pagunya Rp 932 M. Terus bisa dibikin rencana kegiatan Rp 907 M sedangkan yang baru terkontrak 61% dan potensi tidak terserap 39% dari Rp 907 M itu,” ungkap Syarwan, Senin (11/7).

Padahal menurutnya batas akhir pengiriman berkas daring adalah tanggal 21 Juli. Apabila lewat dari itu akan ditolak oleh sistem yang langsung terkoneksi ke pusat. Selain itu Syarwan juga menyampaikan, apabila minim realisasi baik akibat keterlambatan pengiriman berkas daring atau masalah apapun, maka akan dipastikan akan ada pengurangan jumlah dana transfer pusat untuk Provinsi Bengkulu.

“Kita kasih waktu untuk upload data kontrak akan berakhir tanggal 21 Juli, jika banyak tidak terserap akan ada pengurangan,” tutup Syarwan.(CW2/Suary).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*