Seleksi PPPK Tahap II, Peserta Bebas Pilih Formasi

BENGKULU, BE– Hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah diumumkan, peserta yang tidak puas dengan hasilnya bisa mengajukan sanggah yang akan berakhir hari ini (12/10). “Sesuai jadwal, sanggahan peserta akan dijawab dari 12 hingga18 Oktober 2021 dan pengumuman hasil sanggah akan diumumkan 20 Oktober, ” kata Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, M Syafiri pada BE, kemarin.
Selanjutnya Kemdikbudristek akan melakukan seleksi PPPK tenaga guru untuk tahap II, yang akan dibuka pada 24 hingga 30 Oktober 2021 mendatang. Berbeda dengan seleksi tahap I, pada seleksi tahap II nanti, Kemdikbudristek memberikan kemudahan bagi para peserta dengan dipersilahkan memilih kembali formasi dalam instansi yang sama, diberikan kebebasan memilih formasi di luar sekolah induk dan domisili peserta.
Ada empat kategori peserta yang bisa mengikuti seleksi PPPK Kompetensi tahap II, mereka adalah guru non ASN yang mengajar di sekolah yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di dapodik yang tidak lulus pada seleksi kompetensi tahap I, kedua tenaga honorer eks kategori II sesuai dengan database tenaga honorer Badan Kepegawaian Negara, ketiga guru swasta yang mengajar di sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar di Dapodik, dan keempat, lulusan Pendidikan profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan profesi Guru Kemdikbudristek.
Untuk itu, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Bengkulu meminta para peserta untuk menentukan diri mempersiapkan memilih formasi yang belum terisi untuk pelaksanan seleksi selanjutnya, ” Pada seleksi kompetensi tahap II, pelamar boleh memilih formasi dan akses sekolah mana yang formasinya belum terisi. Masa seleksi Kompetensi tahap II ini, tidak ada lagi status yang dianak tiri dan anak kandung, ketika formasi itu belum terisi maka berhak diperebutkan,” ujarnya.
Sayangnya Disdikbud belum bisa membeberkan berapa jumlah formasi yang belum terisi, pihaknya masih melakukan rekap data peserta yang dinyatakan lulus seleksi kompetensi tahap I, diperkirakan dua tiga hari kedepan formasi sudah bisa diakses oleh para peserta. Ia meminta para peserta yang dinyatakan belum lolos bisa benar-benar mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi PPPK guru tahap II
Sementara itu, ketua Pengurus Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI Provinsi Bengkulu, Asep Suparman mengucapkan selamat dan sukses kepada ASN Guru Jalur PPPK yang dinyatakan Lulus. Ia berharap para peserta yang telah dinyatakan lulus terus saling koordinasi dan saling berkomunikasi. Sehingga nanti bersama-sama ikhlas mengabdikan diri sebagai Garda Pembangun Insan Cendekia.
Ia juga menyarankan pada para peserta yang belum beruntung untuk tetap berjuang, PGRI akan terus mendorong dan mendampingi.
” Kepada yang namanya belum ada hari ini Yakini, bahwa Nama anda akan muncul pada tahap kedua. Bangun terus Vibrasi dan energi Kuantum Anda untuk meraih cita dan harapan. Damaikan hati, positifkan pikiran, kuatkan perasaan, dan selalu berdoa, ” pesannya mengakhiri. (247)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*