Selamat Jalan Bhayangkara Terbaik Pahlawan Vaksin Covid-19

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Bengkulu Kombes Pol dr I Gusti Agung Ayu Diah Yamini Darsika Sp THT-KL yang meninggal dunia

BENGKULU, BE – Keluarga besar Kepolisian Daerah Bengkulu berduka. Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Bengkulu Kombes Pol dr I Gusti Agung Ayu Diah Yamini Darsika Sp THT-KL meninggal dunia. Perwira menengah akrab disapa dr Diah tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD), Jakarta Pusat, Sabtu (14/8), sekitar pukul 06.45 WIB. dr Diah dikenal sebagai sosok dibalik suksesnya gerakan vaksinasi nasional di Provinsi Bengkulu. Pahlawan vaksinasi Covid-19 ini begitu banyak membuat inovasi agar masyarakat mau mengikuti vaksinasi hingga target vaksinasi di Provinsi Bengkulu pun tercapai. Selamat Bhayangkara terbaik sang jalan pahlawan vaksinasi Provinsi Bengkulu.

Simak Kiprah dr Diah Sukseskan Vaksinasi Covid-19
Rizky Surya-Kota Bengkulu

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Guntur Setyanto Msi melalui Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno SSos MH membenarkan kabar duka atas kehilangan sosok salah seorang Bhayangkara terbaik yang dimiliki Polda Bengkulu tersebut.

“Iya benar, beliau meninggal dunia di RSPAD pada Sabtu (14/8) pagi. Polda Bengkulu dan jajatan merasa kehilangan Bhayangkara terbaik dan berduka atas kepergian dr Diah. Semoga beliau mendapat tempat terbaik disisi Tuhan Yang Maha Esa,” jelas Kabid Humas.

Kombes Pol Diah menjabat sebagai Kabid Dokkes Polda Bengkulu, sejak 2019. Semenjak menjabat, banyak sekali perubahan dilakukannya untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat di Bidokkes Polda Bengkulu. Terlebih lagi sejak pandemi covid-19 menyebar, Kombes Pol Diah aktif melakukan tracing, treatmen dan testing. Dia aktif melakukan bakti sosial untuk kelompok terdampak covid, tidak hanya bagi anggota Polri, tetapi juga masyarakat. Dia aktif melakukan program vaksinasi untuk anggota polri dan masyarakat. Membuat inovasi vaksinasi drive true dan mobile vaksinasi untuk menjangkau instansi dan kelompok masyarakat yang belum menerima vaksin. Sering terjun langsung ke daerah memantau proses vaksinasi hingga pemberian sembako.

“Banyak sekali program yang sudah dibuat selama beliau menjabat, terutama selama pandemi covid-19,” imbuhnya.

Saat program vaksinasi serentak memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara beberapa waktu lalu, Kabid Dokkes salah satu pejabat Polda Bengkulu paling sibuk. Memantau setiap lokasi vaksinasi seperti di Gedung Balai Buntar, RRI, Biddokes dan Rumah Sakit Bhayangkara. Tidak heran jika hasilnya melebihi target. Sekitar 33 ribu orang masyarakat menerima vaksin covid-19 saat vaksinasi serentak Hari Bhayangkara.

Kemudian, untuk melakukan vaksin kedua, Kombes Pol Diah membuat inovasi melakukan pendaftaran secara online. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kerumunan saat masyarakat menerima vaksin kedua di sejumlah fasilitas kesehatan. Saat vaksinasi covid-19 untuk anggota Polri Polda Bengkulu dan Polres jajaran, Kombes Pol Diah memberikan himbauan tegas agar semua anggota menerima vaksin kecuali anggota yang tidak bisa diberikan vaksin karena kendala kesehatan dan sedang hamil.

“Sudah banyak yang beliau berikan untuk Polda Bengkulu, kaitannya untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Termasuk kepada seluruh jajaran anggota Polda Bengkulu, melakukan vaksin serentak. Sebelum ada program vaksin, aktif memberikan imbauan agar melakukan rapid tes antigen,” pungkas Kabid Humas.

Sebelum dibawa ke RSPAD satu minggu lalu, almarhumah sempat menjalani perawatan di RSUD M Yunus Bengkulu selama dua minggu. Polda Bengkulu kehilangan sosok perwira menengah perempuan yang ramah, peduli dengan sesama dan inovatif. Aktif memberikan imbauan melalui awak media, melalui media sosial agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. (167)