SAYA PUAS DENGAN PELAYANAN JKN-KIS DI PUSKESMAS

Narasumber : Terani

Bengkulu, Jamkesnews – Saat ini dengan adanya pemerataan pembangunan fasilitas kesehatan yang lengkap dan juga penempatan SDM yang mumpuni sampai ke pelosok daerah, masyarakat yang dahulu ketika sakit yang membutuhkan rawat inap harus ke rumah sakit sekarang bisa dilayani dan disembuhkan di fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas, BPJS Kesehatan pun telah melakukan kerjasama dengan Puskesmas milik pemerintah yang ada di seluruh wilayah Indonesia untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS sehingga peserta tidak perlu jauh datang ke Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Terani (58) merupakan warga Kabupaten Seluma yang sehari hari bekerja sebagai petani telah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS di Puskesmas Rawat Inap Kembang Mumpo Seluma, peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibayarkan oleh pemerintah pusat ini menceritakan pengalamannya ketika menggunakan kartu JKN-KIS yang mendapatkan rawat inap di Puskesmas tersebut (30/7).

”Pada hari Kamis tanggal 17 Juni 2021 Pukul 08.00 WIB seperti biasa saya pergi ke sawah untuk bekerja, awalnya sekitar pukul 10.15 WIB terasa lemas, sakit di dada, karena riwayat penyakit selama ini memang selalu maag. Selang beberapa waktu sakitnya semakin bertambah parah dan tidak terkendali. Akhirnya pada pukul 16.00 WIB saya di bawa Ke Puskesmas Rawat Inap Kembang Mumpo oleh keluarga saya. Sesampai di sana, saya langsung di sambut oleh petugas di IGD, petugas dengan sigap langsung menanyakan identitas kepada keluarga saya, melihat kondisi saya saat itu sesak nafas, saya langsung di beri bantuan oksigen,” kenang Terani.

Terani juga menceritakan bahwa tenaga medis di Puskesmas tersebut baik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada dirinya.

”Petugas menjelaskan prosedur rawat inap secara mendetail, lalu saya di pasang infus dan menandatangi surat persetujuan di rawat inap. Saya di rawat selama 3 hari oleh dokter di sana dan secara berangsur- angsur sehat. Dan setelah saya pulang kembali kerumah pun masih di kontrol baik melalui via telepon dan kunjungan ke rumah oleh petugasnya” ujar Terani.

Selama menggunakan kartu JKN-KIS Terani mengaku puas dengan pelayanan Program JKN-KIS dan juga pelayanan Puskesmas Rawat Inap Kembang Mumpo tempat beliau mendapatkan perawatan.

”Saya sangat terbantu dengan Program JKN-KIS dan juga pihak dari Puskesmas. Jika tidak menggunakan kartu JKN-KIS maka akan besar biaya yang akan kami keluarkan, belum lagi untuk rawat inap dan juga makan minum di luar. Saya sangat senang sangat terbantu sekali,” tutup Terani. (RW/dw)