Satgas Covid-19 BS Sosialisasi di PSB dan Pasar

SAMBANGI: Anggota Satgas Covid-19 saat menyambangi Pasar Ampera untuk sosialisasi Prokes Covid-19.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Setelah sebelumnya, Senin (19/7), Kepala Dinas Kesehatan BS bersama Bupati BS berkeliling BS melakukan sosialisasi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, Rabu (21/7), giliran anggota satuan tugas (Satgas) Covid-19 yang mendatangi tempat-tempat ramai.

“Kami mendatangi pantai Pasar Bawah (PSB) dan Pasar Kutau juga Pasar Ampera,” kata Kepala Dinas Satpol PP BS, Erwin Muchsin SSos.

Dikatakan Erwin PSB dan pasar biasanya selalu ramai dikunjungi warga. Oleh karena itu, kedatangan pihaknya untuk memberitahukan kepada pengunjung PSB dan pasat agar selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Seperti selalu memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan rutin mencuci tangan sampai bersih. Sehingga diharapkan para pengunjung PSB dan pasar tidak tertukar virus Covid-19.

“Kita selalu mengingatkan agar warga disiplin dalam menerapkan Prokes Covid-19,” ujarnya.

Dijelaskan Erwin, pihaknya juga mensosialisasikan jika saat ini sedang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Oleh karena itu, warga dilarang menggelar kegiatan yang berbentuk resepsi atau pesta pernikahan. Hanya diperbolehkan kegiatan akad atau ijab kabul. Saat akad nikah hanya dihadiri keluarga inti dan petugas penyelenggara pernikahan dengan kapasitas sebanyak 10 orang saja.

Untuk pelaksanaan kegiatan area publik seperti fasilitas umum, taman umum, tempat wisata, karaoke dan tempat area publik lainnya ditutup untuk sementara waktu selama masa PPKM ini diberlakukan. Begitu juga dengan kegiatan seni budaya dan sosial kemasyarakatan yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan juga ditutup untuk sementara waktu.

Selain itu kegiatan ibadah pada tempat ibadah dapat dilaksanakan di tempat ibadah tersebut sebesar 25 persen dari kapasitas tempat ibadah tersebut. Lalu kegiatan belajar mengajar atau tatap muka juga digelar secara online atau sistem daring. Selanjutnya, untuk sektor energi, kesehatan, keamanan, logistik, transportasi, makan dan minuman dan objek vital lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sehari–hari tetap bekerja dan beroperasi seperti biasanya dengan menerapkan protokol kesehatan lebih ketat. Bahkan dal kesempatan tersebut, pihaknya juga membagikan ratusan masker kepada warga BS yang ditemui di pinggir jalan.

“Saya berharap warga dapat mematuhinya, sehingga BS bisa kembali lagi ke zona hijau,” harap Erwin. (369)