Sampel Kebakaran Dibawa ke Puslabfor

TRI/BE – Tim lab forensik saat melakukan olah TKP di Toko New Khatulistiwa

Bengkulu, bengkuluekpress.com – Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) peristiwa kebakaran hebat yang menghanguskan bangunan empat lantai Toko New Khatulistiwa pada Selasa (23/11). Tim laboraturium forensik dari Polres Bengkulu dan Polda Sumatera Selatan telah mengambil beberapa sampel dari lokasi kejadian saat olah TKP pada Kamis (24/11). Sampel kebakaran itu dibawa ke pusat laboratorium forensik (Puslabfor) Palembang, Sumatera Selatan.

Kasat Reskrim Polres Bengkulu AKP Yusiady mengatakan, beberapa sampel yang diambil tersebut nantinya  diteliti secara ilmiah di laboratoriun  forensik Polda Sumsel untuk mengetahui secara persis penyebab kebakaran toko.

“Dari hasil olah TKP, tim lab forensik membawa sampel dua bungkus instalasi listrik , kemudian tiga bungkus sampel abu arang dan satu kantong platik sampel swab roling door depan pintu,” kata AKP Yusiady.

Sementara itu terkait hasil olah tkp itu. AKP Yusiady menuturkan,  dugaan sementara dari tim lab forensik Polda Sumsel api berasal dari rolling door toko bagian tengah yang kemudian merambat ke seluruh bangunan toko yang mudah terbakar. Sampel rolling door juga ikut dibawa tim forensik.

Sedangkan, untuk penelitian sampel yang dilakukan tim lab forensik ini memakan waktu sekitar 14 hari. Terhitung sejak sampel itu dibawa ke Polda Sumsel. Nanti hasilnya  langsung disampaikan ke Polres Bengkulu.

“Itu kalau tidak ada kendalai di tim lab forensik,” tutup AKP Yusiady. (Cw1)