Rumah Kemasan Belum Difungsikan

Foto : Kabid Perindustrian, Lusi Komariah SSos

BENTENG, BE – Dua bangunan megah yang berlokasi di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sampai saat ini belum difungsikan. Padahal, kedua bangunan tersebut berasal dari suntikan dana alokasi khusus (DAK) beberapa tahun lalu.

Yaitu, bangunan rumah kemasan dan rumah pengerajin bambu yang terletak di belakang gedung Dekranasda Kabupaten Benteng.

“Pembangunan gedung telah tuntas 100 persen. Namun, sampai saat ini belum bisa difungsikan,” kata Kepala Disdagperinkop dan UKM Benteng, Sugeng Oswari SKom MSi melalui Kabid Perindustrian, Lusi Komariah SSos.
Dijelaskan Lusi, kendala yang dihadapi saat ini adalah sarana dan prasarana (Sapras) penunjang. Bangunan yang diperuntukan bagi para pelaku industri kecil menengah (IKM) tersebut hingga sekarang belum dilengkapi dengan alat-alat penunjang.

Meliputi, alat yang dibutuhkan pelaku IKM untuk mengemas atau packing hasil produk/olahan mereka. Begitu pula dengan rumah pengerajin bambu, banyak membutuhkan peralatan yang bisa digunakan pelaku IKM untuk mengolah bahan baku bambu menjadi aneka kerajinan menarik dan bernilai jual tinggi.

“Usulan sudah kami sampaikan dan diharapkan bisa menjadi prioritas pada APBD-perubahan 2022 atau di APBD murni tahun 2023. Hasil perhitungan, pengadaan alat dan sarana pendukung lainnya memerlukan dana sekitar Rp 600 juta,” jelasnya.(135)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*