Rp 210 Juta PUMP Dikucurkan

BINTUHAN,BE- Bila tidak ada perubahan 6 kelompok Pengembangan Usaha Mina Perdesan (PUMP) di Kabupaten Kaur kembali mendapat kucuran dana sebesar Rp 35 juta per kelompok. Sehingga total dana sekeluruhan yang akan dikucurkan sebesar Rp 210 Juta. Data untuk kelautan dan perikanan ini dikucurkan kembali oleh Kementrian kelautan dan perikanan ke Kabupaten Kaur.
“Bantuan ini karena  Kaur masih membutuhkan kucuran dana tersebut guna untuk mengembangkan potensi kelautan dan perikanan di Kaur ini,” kata Kepala Dinas Kelautan dan perikanan (DKP) Kabupaten Kaur Ir Yetminson melalui Kabid Perikanan  Budidaya Lianto SP.
Lianto mengatakan,  mengenai bakal dialokasikan kemana mana saja uang sebesar Rp 35 juta tersebut itu tergantung dengan kebutuhan kelompok penerima. Artinya akan diatur lebih lanjut. Sedangkan penerimanya sendiri dipastikan terdiri dari bidang tangkap dan pengolahan kelautan dan perikanan.
“Untuk bidang tangkap bisa dibelikan dengan mesin, perahu atau jaring, sedangkan bidang pengelolan bisa dibelanjakan untuk mengelola ikan namun alokasi dana PUMP ini langsung dikucurkan kepada rekening penerima. Kita hanya diberikan wewenang untuk mengawasi,” katanya.
Ditambahkannya, bila bercermin dengan tahun lalu biasanya PUMP dikucurkan kementrian pada akhir tahun. Sedangkan penerimanya di SKkan kemenetrian pada sebuan sebelum itu, namun jadwal ini tidak bisa dijadikan pedoman pasti. Sebab cepat atau lambat dana tersebut dikucurkan setelah SK penerima ditetapkan.  “Kita berharap nanti bila PUMP sudah dimanpaatkan dapat sama sama mengawasi agar jangan disimpangkan,” tegasnya.(618)