Relokasi TMP Masih Dibahas

Doni/BE
Alat berat tengah meratakan lahan TMP Desa Pagar Gunung Kabupaten Kepahiang.

KEPAHIANG BE – Dinas Sosial seriusi proses pemindahan 2 makam pahlawan dari Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pasar Ujung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pagar Gunung. Proses pemindahan makam masih dalam pembahasan Dinsos bersama instansi terkait, sehingga pemindahan makam dapat berjalan dengan baik tanpa ada polemik.

Kadis Sosial Kepahiang, Helmi Johan MPd menjelaskan sesuai dengan peruntukkan dan sebagai penghargaan terhadap jasa pahlawan, maka sudah seharusnya makam para pahlawan ditempatkan di TMP Pagar Gunung.
“Tengah dibahas proses pemindahannya,” ungkap Helmi Johan.

Menurutnya, pemindahan makam Letkol Santoso dan Mayor Salim Batubara ke kawasan TMP Pagar Gunung merupakan bagian dari konsep wisata sejarah jadi pedoman pembangunan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kabupaten Kepahiang. Selain itu, pihaknya juga berencana membangun taman bunga pada bagian depan lahan TMP di Desa Pagar Gunung Kecamatan Kepahiang tersebut.

Nanti lahan seluas 1,1 hektar itu akan dilengkapi dengan lokasi rekreasi serta taman bermain bagi anak-anak.
“Sesuai janji saya, program yang bagus akan kita lanjutkan. Salah satu TMP ini, di sini kita target jadi lokasi wisata sejarah,” ungkap Helmi Johan.

Helmi menuturkan, pemolesan TMP membutuhkan anggaran kurang lebih Rp. 5,5 miliar. Untuk membangunan pagar, lahan parkir, dan taman bunga. Pihaknya akan berupaya mendapatkan sumber dana baik ketingkat provinsi maupun Kementerian Sosial (Kemensos).

“Hari pertama masuk kerja, saya sudah minta bidang terkait membuatkan konsep pembangunannya, dan rancangan kebutuhan anggaran. Nanti kita akan upaya dana ke pemerintah pusat,” lanjutnya.

Mantan Kepsek SMKN Pekalongan ini menyebutkan, bila sudah terbangun seratus persen, TMP bisa menjadi sarana pendidikan sejarah bagi generasi muda khusus mengenai perjuangan pahlawan didaerah ini.
“Selain sejarah pahlawan, juga bisa dilengkapi dengan pusat informasi perjalanan daerah kita dari tahun ke tahun,” tutupnya. (320)