Realisasi Vaksin Moderna untuk Nakes di Kepahiang Rendah

Pemkab Kepahiang Fokus 11 Item Pembangunan

KEPAHIANG,bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com – Dinkes Kepahiang mulai merealisasikan vaksin Moderna (dosis III, red) untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Kepahiang. Hanya saja hingga sekarang, realisasinya masih rendah. Sebab dari total 836 Nakes yang berhak untuk mendapatkan vaksin Moderna, hingga sekarang baru sejumlah 156 Nakes saja atau dingka 18,38 persen yang sudah divaksin moderna tersebut. Kendala yang dialami Dinkes Kepahiang tak lain permohonan data atau pakta integritas dari masing – masing Puskesmas di Kabupaten Kepahiang lamban.
Kepala Dinkes Kepahiang, Tajri Fauzan melalui Kabid P2P, Wisnu Irawan mengatakan, memang adanya peningkatan untuk realisasi vaksin Moderna dari sebelumnya yang hanya 119 saja dan sekarang sudah mencapai kisaran 154. Hanya saja jika dilihat dari jumlah Nakes di Kepahiang, realisasi penyuntikan masih rendah.
“Saya meminta kepada seluruh Puskesmas di Kepahiang menyampaikan pakta integritas (data Nakes, red), sehingga vaksin Moderna bisa direalisasikan. Lantaran vaksin Moderna memang dikhususkan untuk Nakes di Kabupaten Kepahiang,” kata Wisnu.

Menurutnya, untuk sistem penyaluran vaksin Moderna ke Puskesmas sesuai dengan permintaan masing – masing Puskesmas yang disesuaikan dengan jumlah Nakes. Kalau untuk sekarang kendalanya memang permohonan atau pakta integritas dari Puskesmas baru sebagian saja yang diterima, sehingga realisasinya baru 156 dari total 836 Nakes.
“Sekali lagi kita berharap supaya Puskesmas secepatnya menyampaikan pakta integritas, sehingga vaksin Moderna bisa kita salurkan, Nakes inikan merupakan garda terdepan dalam pelayanan Covid 19 sehingga diwajibkan untuk mendapat vaksin Moderna,” sampai Wisnu.

Ditambahkan Wisnu, untuk stok vaksin Moderna yang diterima pihaknya dari Provinsi Bengkulu sebanyak 6.972 dosis. Selain untuk Nakes se-Kabupaten Kepahiang, vaksin moderna juga disiapkan untuk pelayanan publik, termasuk masyarakat Kabupaten Kepahiang. “Sekarang kita realisasikan dulu untuk Nakes serta untuk pelayanan publik (pejabat, red) dan selanjutnya akan menyusul untuk sasaran masyarakat Kepahiang.
“Untuk sasaran moderna kepada masyarakat akan kita siapkan langsung dosis I dan dosis II (kalau misalnya masyarakat belum sama sekali divaksin, red), ini kita lakukan sebagai langkah penanggulangan Covid 19 di Kabupaten Kepahiang,” demikian Wisnu. (320)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*