Puluhan Hektare Lahan Sawit Nyaris Ludes

IST/BE – Tampak lahan perkebunan yang berada di Desa Agung Jaya Kecamatan Air Majunto Kabupaten Mukomuko dikebuli oleh asap

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Lahan perkebunan sawit yang ditempati oleh puluhan hektare yang berada di Desa Agung Jaya Kecamatan Air Majunto Kabupaten Mukomuko ini nyaris hangus terkabar.

Kejadian ini terjadi pada Selasa kemarin (29/3), dan saat ini api telah berhasil dipadamkan berkat bantuan dari personil kepolisian dari Polsek Mukomuko Utara, Polsek Lubuk Pinang Polda Bengkulu dan dibantu oleh instansi lainnya.

Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Ia mengatakan Personil Bhabinkamtibmas Polsek Mukomuko Utara telah melakukan pengecekan langsung ke titik lokasi l yakni Desa Agung Jaya Kecamatan Air Manjunto Kabupaten Mukomuko.

Dari lokasi tersebut, memang ada tumpukan batang serta ranting bekas tebangan pohon karet tua yang sudah mengering dan saat ini masih terdapat 3 titik api yang masih mengeluarkan asap.

Atas kejadian itu, sambung Kabid Humas Polda Bengkuul sedikitnya ada 6 hektare lahan perkebunan itu habis dilalap api.

“Kemarin personel berhasil melakukan pemadaman terhadap titik api yang ditemukan. Kita masih melakukan pengecekan dilapangan hasilnya seperti apa, apakah itu dibakar untuk membuka lahan atau terbakar. Apabila itu dibakar dengan sengaja kemudian menimbulkan perluasan kebakaran, tentu akan kita lihat apakah ada ada tindak pidananya atau tidak,” kata Kombes Pol Sudarno, Rabu (30/3).

Sementara itu, untuk mencegah hal yang serupa, Kombes Pol Sudarno meminta agar masyarakat yang tengah membuka lahan perkebunan untuk tidak melakukan pembakaran guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

“Kita menghimbau untuk berhati-hati pada saat melakukan pembakaran untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih lagi mengingat saat ini cuaca panas telah terjadi beberapa hari trakhir,” tutup Kombes Pol Sudarno. (TRI).