Proyek Pemda Dinilai Amburadul

Husni Thamrin

TAIS, BE– Perencanaan pembangunan fisik dilakukan secara amburadul, mendapatkan sorotan tajam dari DPRD Seluma. Akibat kondisi itu, DPRD menyurati Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH, dan meminta pemerintah daerah secepatnya membentuk tim perencanaan terpadu. Gunanya tidak lain untuk melakukan perencanaan pekerjaan fisik maupun non fisik, agar pembangunan yang dilaksanakan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk jangka panjang. “Sejauh ini SKPD hanya melakukan perencanaan hanya formalitas belaka. Imbasnya proyek pekerjaan yang dilaksanakan hanya membawa kerugian, ” tegas Ketua DPRD Seluma, Husni Thamrin SH MH.
Menurutnya, pembentukan tim perencanaan lintas sektor diperlukan, karena potensi yang ada belum tergali secara maksimal. Untuk tenaga ahli, akan merekrut PNS yang memang memiliki keahlian dalam bidang perencanaaan. Namun jika masih belum memenuhi kebutuhan, tim maka cara lainnya adalah dengan melibatkan pihak lain terutama dengan mereka yang memang telah memiliki keahlian. “Sehingga mereka inilah yang akan menggali potensi yang memang dimiliki oleh Kabupaten Seluma, dengan membentuk perencanaan pembangunan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang,” bebernya.
Selain itu, pembentukan tim perencanaan ini dilakukan akhir tahun ini. Nantinya tim itu bisa bekerja maksimal mulai awal tahun. Sampai menjelang pembahasan RAPBD untuk tahun selanjutnya. Kemudahan juga diterima oleh sejumlah SKPD yang tidak perlu memikirkan menyusun program. Mereka bisa tetap fokus untuk melaksanakan program tahun berjalan saja. “Usulan ini telah saya sampaikan kepada Bupati dan beluai merespon dengan baik,” terangnya.
Diharapkan dengan adanya perencanaan ini, pembangunan di Seluma semakin terprogram dengan jelas. (333)