Program Listrik Gratis Berlanjut

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Program pemasangan KWH listrik gratis yang merupakan salah satu program Gubernur dan Wakil Gubernur bagi masyarakat tidak mampu di Provinsi Bengkulu dipastikan berlanjut. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Ahyan Endu, Jumat (22/10).

“Ini salah satu program Gub-Wagub dan tahun ini sudah mulai direalisasikan dengan pemasangan sebanyak 1.000 KWH gratis bagi masyarakat tidak mampu, yang tersebar di 5 kabupaten di Provinsi Bengkulu,” kata Ahyan.

Dimana, lanjutnya dalam realisasinya memanfaatkan Corporate Social Responsibility (CSR), karena anggaran yang dialokasikan dalam APBD direfocusing. Tahun depan, program tersebut kembali dilanjutkan, meski nantinya tidak diakomodir dalam APBD, tentu saja kembali memanfaatkan CSR.

“Kalau yang bersumber dari APBD itu sifatnya hibah. Sehingga harus diverifikasi terlebih dahulu, dan setelah itu baru di-SK-kan, maka CSR merupakan alternatif realisasi program itu,” ujarnya.

Menurutnya, untuk tahun depan realisasi program pemasangan KWH listrik gratis bagi masyarakat, menyasar 5 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu yang belum. Sedangkan untuk targetnya mencapai ratusan KWH listrik.

“Namun, kita terlebih dahulu melakukan pendataan untuk masyarkat yang menjadi sasaran program,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kebutuhan daya listrik di Provinsi Bengkulu, dari sisi pembangkit, kebutuhan listrik di Provinsi Bengkulu ini sudah melebihi atau over kapasitas. Jika masih ada daerah yang terjadi mati lampu, ini lantaran jaringan tranmisinya.(HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*