Polda Bengkulu Bentuk Tim Pengawasan Penyakit Mulut dan Kuku

TRI/BE – Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Jelang Hari Raya Idul Adha tahun 2022, pengawasan terhadap hewan kurban masih terus dilakukan terlebih adanya temuan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada herwan ternak.

Polda Bengkulu dalam hal ini telah membentuk tim pengawasan yang nantinya akan ikut serta memberikan pengawasan terhadap hewan ternak yang akan masuk maupun keluar dari Provinsi Bengkulu.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, untuk memastikan agar hewan ternak yang akan di potong saat Hari Raya Idul Adha nanti aman dikonsumsi oleh masyarakat Bengkulu.

“Berdasarkan instruksi dari Mabes Polri kepolisian juga dilibatkan untuk ikut serta melakukan pengawasan hewan ternak di wilayah hukum masing-masing,” kata Kombes Pol Sudarno, Selasa (28/6) pada bengkuluekspress.com

Dijelaskan Kombes Pol Sudarno, dari data yang ada di Polda Bengkulu per 21 Juni 2022 sudah ada ratusan hewan ternak yang terjangkit PMK, bahkan ratusan hewan ternak yang terjangkit tersebut tersebar di beberapa kabupaten/kota di Bengkulu.

Sehingga dengan telah masuknya wabah PMK ke Bengkulu, Kombes Pol Sudarno mengingatkan agar para peternak hewan kurban di Bengkulu untuk senantiasa melakukan pengecekan secara rutin dan segera melaporkan ke pihak terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK.

“Dari data yang ada dikita ada 109 ekor hewan ternak terjangkit PMK dan sudah ada 44 ekor hewan ternak yang sembuh. Dengan angka itu kita telah membentuk tim hingga ke jajaran polsek untuk melakukan pengawasan hewan ternak terkhusus di perbatasan antar provinsi yang bekerjasama dengan pihak terkait lainnya,” tutup Kombes Pol Sudarno. (TRI).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*