Petugas DLH Dapati Mobil Sedot Tinja Buang Limbah Sembarangan

FOTO IST/ Oknum yang membuang limbah tinja di kawasan Sukarami, Kota Bengkulu saat dipergoki petugas DHL kota beberapa waktu lalu.

BENGKULU, bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com – Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu mendapati adanya mobil tangki yang mengalirkan limbah tinja di lingkungan, yakni di aliran air drainase di Kota Bengkulu bahkan di pinggir jalan di kawasan Sukarami, Kelurahan Betungan beberapa waktu lalu. Petugas sempat berupaya untuk mengambil video tindakan oknum tak bertanggung jawab tersebut, namun si supir langsung melipat selang pembuangan dan langsung meninggalkan tempat tersebut.

“Petugas kami memang rutin sebenarnya melakukan pengawasan lingkungan untuk mencari kalau-kalau masih ada warga yang buang sampah sembarangan. Namun dalam perjalanannya kemarin, petugas-petugas ini mendapati bahwa ada mobil tangki yang mengalirkan limbah tinja ke aliran air drainase yang ada di Kota Bengkulu ini. Saat petugas itu sedang mencatat plat nomor dan identitas kendaraannya, mobil itu kabur,” jelas Plt Kepala DLH Kota, Rusman Efendi, Kamis (25/02).

Hingga saat ini pihak DLH belum mendapatkan lagi oknum yang melakukan tindakan pencemaran lingkungan tersebut. Terkait pencemaran lingkungan tersebut, mungkin pihak DLH akan melaporkan ke kawan-kawan pihak yang berwajib karena termasuk tindak pidana pencemaran lingkungan dan bisa dipidanakan.

Berdasarkan informasi yang di dapat, Rusman mengatakan mobil tersebut sering melakukan sedot tinja diluar Kota Bengkulu. Namun juga berdasarkan laporan warga, mobil tersebut sering membuang limbah tinja di kawasan Kota Bengkulu. (Imn)