Pertahankan Predikat WTP

Kabupaten Mukomuko baru berumur 8 tahun. Meski usia terbilang muda, kabupaten ynag dipimpin Bupati Mukomuko Drs H Ichwan Yunus CPA MM ini mampu untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Ini dibuktikan daerah itu mampu memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama 3 tahun berturut-turut, sejak tahun 2008, 2009 dan 2010 lalu. Bupati Ichwan Yunus mengatakan predikat WTP secara 3 tahun berturut-turut yang diterima itu merupakan kerja keras para pejabatnya dan PNS di lingkungan pemerintah daerah. Ini juga tak lepas dari langkah proaktif pihaknya yag selalu dari berkoordinasi untuk mendapatkan petunjuk dan pembinaan BPK dan BPKP. Sebelum dilakukan audit itukan ada pra auditnya. “Nah, di situlah setiap adanya petunjuk yang diperoleh BPK, maka pihaknya langsung merealisasikannya. Seperti aset yang berhubungan dengan jalan harus dihitung dengan nilai jual objek pajak (NJOP), penyertaan modal harus diperbaiki dan lainnya. Petunjuk itu pun langsung dilakukan pembenahan secepatnya,” tuturnya. Untuk mempertahankan WTP itu, lanjut Ichwan, berbagai program yang saat ini mulai dijalankan dan tengah dibahas untuk di-Perda-kan. Diantaranya, layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik (LPSE), pusat data sistem elektronik (PDSE). Telah berjalannya sistem informasi dsaerah (Simda).

Pemerintah Kabupaten Mukomuko setiap SKPD telah memiliki Kabid Keuangan, sehingga dalam pengelolaan keuangan bisa secara baik dan efisien. Selain itu juga, Kabupaten Mukomuko juga tengah akan memberlakukan di seluruh desa se Kabupaten Mukomuko akan memiliki APBD Desa. Hal ini dilakukan supaya dalam pengelolaan keuangan juga bisa dilakukan di tingkat bawah yakni 148 Desa yang tersebar di 15 Kecamatan se Kabupaten Mukomuko. Ia menyampaikan Pemerintah Kabupaten Mukomuko harus berakuntabilitas dalam melaksanakan program tersebut , sehingga bermanfaat bagi daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Meskipun predikat WTP 3 tahun diterima secara berturut-turut bukan berarti pihaknya bangga dan lengah dalam perolehan tersebut. Melainkan pihaknya terus berusaha dan memperbaiki apapun yang harus lebih diperbaiki. Dan pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak BPK dan BPKP.“Laporan keuangan tahun tahun 2011 lalu akan dipertahankan dan lebih baik lagi. Ia tidak ingin predikat yang sudah diperoleh selama 3 tahun berturut-turut turun atau tidak lagi mendapatkan laporan pengelolaan keuangan predikat WTP,” pungkas Ichwan (900)

Nama : Drs H Ichwan Yunus CPA MM
TTL : Mukomuko, 2 Februari 1940
Agama : Islam
Istri : Hj Rosna Ichwan
Anak : Ina Oktavia Sari
Linda Erawati
Putra Kurniawan
Sepra Fitri
Riwayat Pendidikan : Sekolah Rakyat di Mukomuko, 1953
Sekolah Menengah Ekonomi Pertama (SMEP) di Bengkulu,1957
Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) di Palembang, 1960
Sarjana Ilmu Keuangan Jurusan Akuntansi (STIKN),1969.
Magister Manajemen Institut Manajemen Labora,1992
Training : Profesional training program (Internal Auditing) new orleans,Amerika Serikat. Regional program on power utility accounting and management information system di Bagulo City, Philipina.
Pengalaman Organisasi : Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).Ikatan Akuntan Indonesia – Kompartemen akuntan publik (IAI-KAP). Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI). Forum Akuntan pasar modal.
Pengalaman Pekerjaan : Periode tahun 1961 -1982 : Jabatan tenaga pemeriksa dan pejabat pada direktorat jenderal pengawasan keuangan Negara
Departemen Keuangan RI (jabatan terakhir Kepala Sub Direktorat pemeriksaan Kas Negara)
Periode 1983 -1990 : Jabatan kepala divisi akuntansi perusahaan umum listrik negara. Inspektur bidang pengusahaan pada satuan pemeriksa intern perusahaan umum listrik Negara. Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pengawasan pengusahaan PLN. Pada Februari tahun 1990, pensiun dipercepat (pangkat terakhir IV b) bertanggung jawab atas seluruh kegiatan akuntansi PLN.
Tahun 1990 sampai tahun 2005

Direktur Utama PT Muij Asta Consult, Managing Partner pada Akuntan Publik Drs Rasin, Ichwan dan rekan.

Komite : PT Bank Rakyat Indonesia (persero) tahun 1998 – 2001. PT PP London Sumatra Indonesia Tbk tahun 2002 – Desember 2004. PT Bank Tabungan Negara (Persero).
Advisor beberapa perusahaan. PT Parnaraya group- Jakarta. PT Cisadane raya chemicals – Jakarta. PT Djajanti group – Jakarta.