Perpuseru Pusat Monitoring Perpusdes

perpuseru monitoring di BS
IST/Bengkulu Ekspress
FOTO BERSAMA: Perwakilan perpuseru Pusat saat foto bersama dengan awak media dan kepala dinas perpusda Bengkulu Selatan  saa monitoring ke Bengkulu Selatan, Kamis (19/7).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Sejak perpustakaan desa (Perpusdes) di Bengkulu Selatan dimulai tahun lalu, saat ini pihak perpustakaan seru (perpuseru) Pusat turun ke Bengkulu Selatan (BS).Mereka melihat langsung pelaksanaan perpusdes di Bengkulu Selatan.

“ Saat ini kami melakukan monitoring memantau kegiatan perpusdes di Bengkulu Selatan,” kata Dewi selaku coordinator perpuseru yang didampingi Sandi, bagian IT perpuseru saat ditemui di Bengkulu Selatan, Kamis (19/7).

Dewi mengatakan monitoring tersebut dalam rangka evaluasi program kunang-kunang yang sudah berjalan, dirinya berharap kegiatan perpuseru di Bengkulu Selatan berjalan maksimal. Dikatakannya di Bengkulu Selatan ada beberapa desa yang sudah melaksanakan perpusdes , sekaligus didatangi yakni perpusdes Padang Manis, Melao dan Lubuk Sirih Ilir. Dengan adanya perpusdes di masing-masing desa dapat menjadi pusat belajar dan berkegiatan yang berbasis informasi dan teknologi bagi masyarakat, hingga mampu menunjang peningkatan perekonomian masyarakat.



“ Harapan kami dengan perpusdes, masyarakat makin cerdas dan bisa menjadi sumber pengetahuan dan keterampilan,” imbuhnya.

Selanjutnya, pada acara di Provinsi Bali nanti, perpuseru mengadakan kegiatan. Dalam kegiatan tersebut hanya beberapa desa saja. Di Bengkulu Selatan ada satu desa yakni Perpusdes Desa Pagar Dewa, Kota Manna. Sehingga dari kegiatan tersebut dapat menambah ilmu pengetahuan peserta. “ Pada kegiatan di Bali, Kepala Dinas Perpustakaan Bengkulu Selatan  juga diundang,” tambahnya.

Kepala Dinas Perpustakaan Bengkulu Selatan, Hj Sri Gusti Sabana SH mengaku semenjak perpusdes dibawah binaan Perpuseru yang bekerja sama dengan Coca Cola Pondatioan, saat ini sudah banyak perpusdes berdiri di Bengkulu Selatan. Bahkan kegiatan yang dipusatkan di perpusdes juga semakin meningkat.

“ Dengan adanya pembinaan dari perpuseru dan coca cola pondation, kegiatan perpusdes di Bengkulu Selatan semakin bergairah, minat warga untuk membaca semakin meningkat,” ujar Sri Gusti. (369)