Perketat Pengawasan Terhadap Anak

Foto Iman/ BE- Kadis Kominfosan Kota Bengkulu, Eko Agusriyanto.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Kejadian penculikan anak baru-baru ini (child grooming) membuat para orang tua mulai khawatir terkait keselamatan anak-anak mereka di luar rumah. Untuk itu, orang tua diminta harus memperketat pengawasan kepada anaknya untuk mengantisipasi ancaman penculikan. Pemkot pun melalui Dinas Pemberdayaan perempuan dan anak akan bertindak untuk terus melakukan sosialisasi kepada para orang tua.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Bengkulu, Eko Agusriyanto menjelaskan terkait masalah ini Pemkot Bengkulu akan memaksimalkan peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak untuk terus memberikan sosialisasi terkait bahaya kekerasan seksual dan kejahatan anak dan perempuan.

“Yang penting kepada orang tua yang harus waspada. Meski sosialisasi kerap dilakukan peran orang tua sangat penting dan menentukan. Karena tingkat kejahatan ini sudah hampir menyentuh semua elemen masyarakat, tinggal kewaspadaannya saja,” jelas Eko, Senin (01/11).

Senada dengan itu, anggota Komisi I DPRD Kota Bengkulu Pudi Hartono meminta Dinas DP3A2KB terus melakukan sosialisasi sesuai dengan fungsi dinas tersebut sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kejahatan terhadap perempuan dan anak. Apalagi belum lama ini pemkot mendapatkan penghargaan sebagai kota layak anak yang harus dipertahankan dan harus menekan angka kejahatan dan kekerasan terhadap anak.

“Dinas DP3A2KB harus ambil peran dalam hal ini. Apalagi sekolah sudah mulai masuk dan tentunya orang tua akan khawatir dengan kejadian kemarin. Orang tua harus lebih protektif terhadap anak-anaknya. Jangan sampai kejadian serupa terjadi lagi dikemudian hari. Kita baru saja dapat penghargaan sebagai kota layak anak, dan harus kita pertahankan,” kata Pudi. (Imn/adv)