Penjual Miras Oplosan Dijerat Pasal Berlapis

TRI/BE – AKP Wellianto Malau

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Dari hasil gelar perkara yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Bengkulu, pelaku atau penjual minuman keras oplosan yang menyebabkan meninggalnya dua pemandu lagu dan satu orang pengunjung di tempat hiburan karaoke Ayu Ting-ting beberapa waktu lalu ditetapkan sebagai tersangka, Sabtu (2/7).

Dikatakan Kasat Reskrim Polres Bengkulu AKP Welliwanto Malau, tersangka AM (27), warga Penurunan Kota Bengkulu, telah mengakui bahwa dirinya yang menjual miras oplosan tersebut ke tiga orang yang saat ini telah meninggal dunia akibat meminum miras oplosan tersangka.

Lebih lanjut, disampaikan AKP Welliwanto, penjualan miras oplosan tersebut diantar langsung oleh tersangka AM ketika ada seseorang yang melakukan pemesanan miras pada tersangka.

“Jadi AM sat ini telah kita tetapkan sebagai tersangka dan diakui oleh tersangka memang benar dia yang menjual minuman tersebut diharga Rp 200 sampai Rp. 300 ribu alias bervariatif dengan berbagai merek miras,” kata AKP Welliwanto Malau.

Dari keterangan sementara yang kita dapat, sambung Kasat Reskrim Polres Bengkulu. Minuman keras ini disuplay langsung oleh tersangka dan diantar ke pembeli dengan rentan waktu pengantaran sore hari dan malam hari.

Tidak hanya itu, dengan telah ditetapkan sebagai tersangka. Pihak Satreskim Polres Bengkulu akan melakukan pengecekan terhadap miras yang dijual oleh tersangka dan campuran apa saja yang digunakan tersangka saat mengoplos miras tersebut hingga menyebabkan adanya korban jiwa yang meninggal dunia.

“Jadi miras ini dia suplay sendiri dan kalau ada yang mau memesan dia yang akan jualnya.
Nanti kita akan bawa hasil racikan yang dia jual yang ada dibadan korban dan kita akan mengambil sampel minuman terhadap yang dijual tersangka,” ungkapnya.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka dijerat dengan pasal berlapis. Terlebih dalam hal ini telah menimbulkan korban jiwa yakni pemandu lagu di karaoke Ayu Ting-ting berinisial AW dan rekannya berinisial SA serta satu lagi tamu room karaoke yang saat ini belum diketahui identitasnya menjadi korban akibat menegak minuman keras diduga oplosan di tempat hiburan karaoke Ayu Ting-Ting dikawasan Penurunan Kota Bengkulu pada Jumat (23/6) lalu.

“Ada tiga pasal yang kita kenakan pasal 204 KHUP sebab korban meninggal dunia dan pasal 146 uu no 18 tahun 2012 tentang pangan serta pasal 106 uu no 7 tahun 2014 tentang perdagangan,” tutup AKP Welliwanto Malau. (TRI).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*