Pengedar Narkoba Divonis 9 Tahun, Denda Rp 1,5 M

Ist/ BE – Penasehat Hukum terdakwa pengedar narkoba , Endah Rahayu Ningsih

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Persidangan kasus tindak pidana narkotika dengan terdakwa pengedar narkotika jenis sabu dan ganja yakni Fajar Ramadhan (22) warga Kelurahan Rawa Makmur dan Nandi Julian (22) warga Kelurahan Sawah Lebar Baru kembali dilanjutkan di Pengadilan Negeri Bengkulu.

Dalam sidang lanjutan ini, Majelis Hakim yang diketuai oleh Riswan Supartawinata menyatakan bahwa kedua terdakwa dinayatakan bersalah dan dijatuhi hukuman pidana dalam agenda pembacaan putusan.

Kedua terdakwa yang masuk dalam kategori pengedar ini divonis selama 9 tahun penjara dan denda sebesar Rp. 1,5 miliar dengan ketentuan apabila denda tidak dibayarkan maka diganti penjara selama 3 bulan.

Sementara itu, selaku penasehat hukum terdakwa yakni Endah Rahayu Ningsih mengatakan pihaknya menerima putusan yang dibacakan oleh Majelis Hakim dengan vonis 9 tahun dan 3 bulan penjara sebagai subsidair pengganti uang denda.

“Kita menghormati putusan hakim terkait hukuman pidana yang harus diterima oleh klien kami,” kata Endah Rahayu, Kamis (23/).

Putusan vonis yang diterima oleh kedua terdakwa ini lebih ringan dibanding tuntutan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Bengkulu tempo hari.

Pada tuntutan sebelumnya, JPU Kejari Bengkulu Ira Kirana menyebutkan bahwa kedua terdakwa bersalah dan telah melakukan tindak pidana narkotika, menawarkan, menjual, membeli, menjadi perantara sebagaimana diatur dalam pasal 114 ayat (1) juncto pasal 132 ayat (1) undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Atas perbuatan itu, kedua terdakwa dituntut selama 12 tahun dengan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan dan denda sebesar Rp. 1 miliiar 500 juta subsidair 6 bulan penjara.

Diketahui sebelumnya, kedua terdakwa Fajar Ramadhan (22) warga Kelurahan Rawa Makmur dan Nandi Julian (22) warga Kelurahan Sawah Lebar Baru ditangkap oleh tim pemberantasan BNNP Bengkulu beberapa waktu lalu. Dari tangkapan itu BNNP Bengkulu berhasil mengamankan berupa 10 paket sabu, 14 paket tanaman ganja, dan 3 unit timbangan digital. (TRI).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*