Pendaftaran Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Ditutup, 57 Calon Bersaing

Foto IST/BE : Petugas Sekretariat menerima berkas pendaftaran calon komisioner Bawaslu di Sekretariat Hotel Madeline, Kamis (30/6).

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Pendaftaran calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu resmi ditutup pukul 16.00 WIB hari ini (30/6).

Hal itu disampaikan Juru bicara Tim Seleksi Calon Komisioner Bawaslu Dr. M.Yamani, S.H., M.Hum. saat dikonfirmasi melalui telepon. Bahwa hari ini terjadi penambahan sebanyak 15 orang pendaftar, sehingga sejak mulai dibuka tanggal 22 hingga 30 Juni maka total ada 57 orang pendaftar.

“Hari ini kita sudah tutup pendaftaran jam 4 sore tadi, hari ini ada penambahan 15 orang jadi keseluruhannya ada 57 orang pendaftar,” ungkap Yamani, Kamis (30/6).

Mulai besok tanggal 1 sampai 5 Juli Tim Seleksi akan melakukan seleksi dan verifikasi kelengkapan berkas. Apabila masih terdapat kekurangan berkas maka pihaknya akan meminta pendaftar untuk dilakukan perbaikan hingga tanggal 5 Juli. Apabila sudah dinyatakan lengkap para pendaftar akan mengikuti tes Computer Assited Test (CAT) dan tes kesehatan yang akan diagendakan selanjutnya.

“Besok kita akan mulai melakukan seleksi berkas hingga tanggal 5 dan selama masa itu kita juga memberikan kepada pendaftar untuk diperbaiki jika ada kesalahan, apabila nanti telah dinyatakan lengkap kita akan lakukan tes CAT dan tes kesehatan,” ujar Yamani.

Selain itu Yamani juga mengatakan bahwa dengan adanya 57 pendaftar ini Timsel siap apabila nanti sampai tanggal 5 Juni Bawaslu RI meminta untuk dilakukan seleksi untuk 5 orang karena pendaftar sudah melebihi minimal 40 orang jika untuk penyeleksiaan 5 orang. Tapi hingga hari belum ada surat resmi dari Bawaslu RI, hanya bersifat himbauan untuk minimal pendaftar 40 orang.

Menerutnya karena sebenarnya memang Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu yang akan habis bulan September ini 3 orang dan 2 lagi tahun 2023, tapi memungkinkan untuk dilakukan seleksinya secara serentak.

“Sejauh ini Bawaslu RI baru memberikan anjuran untuk pendaftar lebih dari 40 orang dan alhamdulillah hari ini sudah 57 orang, jadi kita masih menunggu keputusan resmi Bawaslu RI,” tutup Yamani.

Dari data yang dihimpun bengkuluekspress.com, nama-nama yang ikut mendaftar adalah orang yang sudah berpengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu. Diantaranya ada 3 orang incumbent Bawaslu Provinsi, yaitu Halid Saifullah, Dody Herawansyah, dan Fatimah Siregar. Sementara ada juga anggota Bawaslu Kabupaten diantaranya Tugiran (Bengkulu Utara), Rusman (Kepahiang), Asmara Wijaya (Benteng), dan Fahamsyah (Rejang Lebong. Kemudian anggota KPU Provinsi ada Eko Sugianto dan Siti Baroroh, anggota KPU Kota ada Romi Sugara dan KPU Bengkulu Utara Ramadiandri.

Selanjutnya ada pengacara kondang, Firnandes Maurisyah, A Syakir, dan Dian Ozari. Lalu ada mantan anggota KPU Rejang Lebong, yaitu Mansuruddin dan Fauzan Afghani.(CW2/Suary).

Daftar Nama 57 Orang Pendaftar Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*