Pencoblos Diberi Sarung Tangan

TAIS, bengkuluekspress.rakyatbengkulu.com – Memberikan rasa aman dari penyebaran Corona Virus Desease (Covid) 2019 kepada pemilih di hari pencoblosan 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma akan memberikan sarung tangan. Sarung tangan ini diberikan kepada pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melakukan pencoblosan.

Ketua KPU Seluma, Sarjan Efendi mengatakan jumlah sarung tangan yang telah disiapkan sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Seluma 2020, yakni sebanyak 137.919 pasang sarung tangan.

“Ini upaya yang dilakukan KPU selaku penyelenggara KPU untuk memberikan rasa aman pada pemilih saat melakukan pencoblosan. Setiap pemilih yang datang akan kita berikan sarung tangan, gratis,”ujarnya.

Dijelaskan Sarjan, KPU selaku penyelenggara pemilu sangat mendukung pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang dilaksanan pemerintah. Oleh karena itu dianggarkan dana untuk pengadaan sarung tangan untuk pemilih ini.

“Selain memberikan sarung tangan, kita juga menyiapkan tempat cuci tangan lengkap peralatannya juga handsanitizer. Jadi Prokes covid-19 benar kita laksanakan di hari pencoblosan nantinya,” kata Sarjan.

Sarjan menambahkan untuk petugas KPPS yang nantinya bertugas di TPS untuk dapat melaksanakan Prokes ini. Setiap pemilih yang datang harus selalu diingatkan untuk mencuci tangan, sesudah dan setelah melakukan pencoblosan surat suara.

“Jadi sarung tangan ini nanti kita berikan saat akan melakukan pencoblosan. Usai melakukan pencoblosan, pemilih kembali diarahkan untuk cuci tangan sebelum meninggalkan TPS,” pungkasnya. (333)