Pencari Kerja Menurun


APRIZAL/BE
Kepala Disnakertrans BU, Drs Fahrudin

ARGA MAKMUR, BE – Dimasa pandemi covid-19 para pencari kerja di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menurun hal tersebut dilihat dari data yang tercatat oleh pihak Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnaketrans) Kabupaten BU.
Dimana hingga awal tahun hingga bulan oktober tahun 2021 hanya ada sekitar 60 orang pencari kerja yang terdaftar dan membuat kartu angkatan kerja (AK1).
Sementara di tahun sebelumnya tercatat ada 293 orang pencari kerja yang telah memegang kartu AK1 di Kabupaten BU. Hal tersebut diakui oleh Kepala Disnakertrans BU Drs Fahrudin saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (14/10).
“Ya, berdasarkan dari data saat ini baru ada 60 orang pencari kerja yang terdata di bulan Oktober 2021 dan telah memegang kartu AK1, dan angka ini pun menurun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya,”kata Fahrudin.
Ditambahkannya, bahwa penurunan ini, kemungkinan besar disebabkan dimasa pandemi covid-19, dimana hampir disetiap perusahaan yang ada kebanyakan tidak membuka lowongan pekerjaan. Selain itu juga difaktorkan dengan para pencari kerja 85 persen dari jumlah tersebut merupakan lulusan SMA sederajat. Sisanya lulusan SD,SMP, diploma, dan sarjana.
“Karena di masa pandemi covid-19 ini banyak perusahaan yang tidak membuka lowongan pekerjaan, sehingga angka AK1 menurun, ditambahlagi dengan lulusan dari pelamar kerja itu sendiri,”ungkapnya.
Fahrudin juga menjelaskan, bahwa Kartu pencari kerja merupakan surat keterangan khusus yang menyatakan bahwa seseorang dalam status tidak bekerja alias pengangguran secara sah dan terdaftar pada Disnakertrans. Gunanya untuk meyakinkan perusahaan bahwa seseorang itu available untuk dipekerjakan, karena tidak dalam ikatan kerja apapun dengan perusahaan lain.
Namun dirinya juga menuturkan, bahwa memang setiap tahun data angka pencari kerja mengalami naik turun. Untuk tahun ini bisa dipastikan jumlah angka pencari kerja memgalami penurun
“Kartu AK1 ini merupakan surat keterangan khusus yang menyatakan bahwa seseorang dalam status tidak bekerja alias pengangguran secara sah dan terdaftar pada. Terkait dengan angka pencari kerja mengalami penurun, sudah dapat dipastikan, karena hingga oktober ini hanya ada 60 orang yang terdaftar memegang kartu AK1,” tandasnya.(127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*