Penambahan CCTV, Pemkot Bakal Gandeng Pihak Swasta

Iman/ BE – Kadis Kominfosan Kota Bengkulu Eko Agusriyanto

BENGKULU, bengkukuekspress.com – Pemerintah Kota Bengkulu berencana akan menambah CCTV yang terpasang untuk memantau berbagai kejadian di Kota Bengkulu. Mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki saat ini, Pemkot pun kedepan berencana akan menggandeng pihak swasta untuk ikut berkontribusi.

Kepala Dinas Kominfosan Kota Bengkulu Eko Agusriyanto mengatakan kedepan pihaknya bertekad untuk melakukan penambahan CCTV dengan meminta bantuan para stakeholder yang ada di Kota Bengkulu. Pemenuhan pemasangan CCTV ini pun ditargetkan juga hingga ke tingkat RT dan akan dilakukan secara bertahap.

“Ya, kita memang beda sangat jauh ya dengan Semarang. Tetapi kita akan tetap berupaya, mungkin selain dari menggunakan dana APBD kita akan coba bangun kolaborasi dengan pihak-pihak swasta, seperti CSR dan sebagainya. CCTV ini juga harus sampai ke tingkat RT, karena itu akan bisa membantu menjaga keamanan, ketertiban, dan sebagainya. Tetapi ini akan kita lakukan secara bertahap dan kita juga butuh dukungan dari pak Walikota dan DPRD,” jelas Eko, Kamis (23/06).

Ia menjelaskan CCTV ini nantinya akan sudah terintegrasi dengan pihak kepolisian untuk mempermudah jika suatu waktu terjadi kejadian terkait keamanan dan sebagainya. Namun selain itu, juga dibutuhkan ruangan monitoring yang khusus untuk pengoperasian dan patroli pemantauan CCTV yang memadai di Kominfo sebagai penunjang memaksimalkan fungsi CCTV ini nantinya.

“Kita juga akan coba banyak membangun koordinasi dan kolaborasi dengan pihak ketiga, seperti tadi moratel dan sebagainya. Memang banyak hal yang harus kita coba untuk mengimplementasikan smarty citt di Kota Bengkulu. Kita juga upayakan ada bangunan gedung seperti command center di Polda Bengkulu yang khusus mengoperasikan CCTV ini nantinya, Insyallah,” tutup Eko. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*