Pemkot Pasang Plang Status Jalan di Kota Bengkulu

Ist/ Plang status kewenangan jalan yang dipasang Dinas PUPR Kota Bengkulu, Rabu (16/03)

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas PUPR Kota Bengkulu melalui Bidang Bina Marga, Rabu (16/3), memasang plang status dan wewenang jalan dibeberapa titik jalan seperti Jalan WR Supratman Tugu Hiu, Hibrida dan P. Natadirja KM 6.

Plang tersebut dipasang agar warga Bengkulu mengetahui status kewenangan jalan dan juga bisa membedakan status jalan milik pemerintah provinsi atau pemerintah Kota Bengkulu.

Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan, maka sesuai dengan kewenangan/status, agar warga mengetahui kewenangan dan pertanggungjawaban jalan milik siapa. Dengan tujuan apabila ada laporan dan keluhan warga bisa dilaporkan dan ditanggapi sesuai dengan kewenangan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Indonesia.

Kepala Dinas PUPR Noprisman, pemasangan plang status jalan berfungsi menjelaskan kewenangan jalan terutama pada tugas pemeliharaan jalan tersebut. Ia juga berharap dengan mengetahui kewenangan jalan yang ada maka warga juga akan tahu kemana harus melaporkan apabila ada aduan terkait kondisi jalan yang ada.

“Apabila menemukan kondisi jalan berlubang yang merupakan kewenangan Pemda Kota Bengkulu segera hubungi kami, insya allah DPUPR akan memberikan pelayanan terbaik,” kata Noprisman.

Pasalnya selama ini masih banyak yang menganggap semua ruas jalan yang ada di wilayah kota menjadi tanggung jawab Pemkot Bengkulu dalam pemeliharaannya. Padahal pemeliharaan jalan disesuai dengan kewenangan yang dimiliki seperti jalan pusat dan jalan provinsi.

Sikap ini seakan menegaskan jika pemkot Bengkulu sudah benar-benar menjalankan program unggulan seperti 1000 jalan mulus dan program Bengkulu Religius dan bahagia. Mengingat pemerintah kota selalu menjadi sasaran jika ada laporan jalan rusak di dalam Kota Bengkulu. (Imn/rls)