Pemkot Janji Bebaskan Lahan PLN

BENGKULU, BE – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dalam waktu dekat akan membebaskan lahan tempat mendirikan gardu induk PLN baru di Air Sebakul, Kota Bengkulu. Namun, sebelum tim pembebasan lahan turun ke lapangan, Pemkot berencana akan menggelar pertemuan dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bengkulu selaku badan yang menangani masalah pertanahan. “Ya, kalau tidak ada halangan minggu depan kami dari pemda akan membicarakan masalah tersebut dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bengkulu,” kata Asisten II, Ir Fachrudin Siregar MM saat dihubungi, kemarin. Ia mengungkapkan, langkah tersebut merupakan tahapan dan bentuk respon Pemkot menindaklanjuti kesepakatan antara Pemkot dan PLN beberapa waktu lalu. “Jadi kurang tepat jika dikatakan Pemkot tidak respon terhadap permintaan PLN untuk membebaskan lahan seluas 2 Ha tersebut,” ucapnya. Pemkot, lanjutnya, bukannya tidak merespon usulan dari PLN, tapi semuanya butuh proses yang panjang apalagi mengenai pembebasan lahan yang di dalamnya terdapat hak milik masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskannya, Pemkot juga telah menggelar pertemuan dengan pihak PLN Cabang Bengkulu, dan disepakati pembebasan lahan tersebut tidak bisa ditunda lagi, mengingat gardu induk PLN yang ada di Sukaerindu saat ini tidak kuat lagi untuk menyalurkan api ke beberapa daerah di Provinsi Bengkulu.
Sementara itu, Manager PLN Cabang Bengkulu, Kadarisman mengungkapkan saat ini pihaknya hanya menunggu gebrakan dari Pemda Kota Bengkulu untuk melakukan pembebasan lahan tersebut, karena menurut undang-undang yang berwenang membebaskan lahan adalah Pemda setempat dalam hal ini Pemkot Bengkulu. Ia mengungkapkan, untuk membangun gardu induk baru tersebut, PLN Cabang Bengkulu siap melontorkan dana yang bernilai ratusan miliar rupiah. “Ya PLN sudah siap mengucurkan dana senilai Rp 300 miliar untuk membangun gardu induk tersebut,” ujarnya.

Kadarisman juga menyampaikan harapannya agar Pemkot cepat merealisasikan pembebasan lahan untuk membangun gardu induk baru itu. Agar kebutuhan lsitrik bisa diatasi. “Kalau gardu di Air Sebakul telah selesai, maka permasalahan bisa diatasi, bila gardu di Sukamerindu rusak atau macet maka akan di back up oleh gardu Air Sebakul karena kemampuan pasokan listriknya sama yakni 60 MVA ,” tutupnya. (400)