Pemkot Bengkulu Kembangkan Layanan Lapor HD, Langsung Terkoneksi ke OPD

Iman/ BE – Kepala Dinas Kominfo Kota Bengkulu, Eko Agusriyanto.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mempersiapkan sebuah terobosan aplikasi Lapor Helmi – Dedy (HD). Layanan ini nantinya dapat digunakan masyarakat untuk melapor hal-hal yang bersifat pengaduan, laporan, informasi, permohonan dan sebagainya.

Layanan lapor HD ini sejatinya tak beda jauh dengan layanan yang dibuka oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi via whatsapp (WA), namun banyaknya aduan yang masuk tak mampu ditampung oleh handphone. Hadirnya aplikasi lapor HD ini diharapkan dapat mengakomodir semua aduan yang masuk tanpa mengalami gangguan.

“Karena yang kita tahu, pak Walikota, Wakil Walikota itu HP nya milik publik. Tapi mungkin karena saking banyaknya pesan yang masuk, terkadang membuat HP jadi ngehang. Misalnya hari ini masuk 100 kan ketika mau dibuka posisinya sudah di bawah dan sebagainya. Nah inilah yang akan kita coba atasi,” jelas Kadis Kominfo Eko Agusrianto, Jumat (08/07).

Layanan ini nantinya akan mulai beroperasi sejak pagi hingga jam 9 malam. Layanan ini juga akan disambungkan ke layanan darurat 112 yang sudah beroperasi lebih awal dan melayani selama 24 jam. Dalam waktu dekat, pemkot akan meluncurkan layanan Lapor HD jika semua persiapan selesai dilakukan.

Istimewanya, layanan ini juga akan langsung disambungkan ke tiap-tiap OPD yang bisa langsung menjawab laporan dan pengaduan dari masyarakat sendiri berdasarkan keluhan yang dilaporkan. Hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan respon cepat pemkot terhadap masyarakat yang dilakukan seluruh OPD karena pemkot menyadari masalah tiap masyarakat sulit sampai langsung ke pihak terkait. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*